NPC Sebut Indonesia Punya 23 Wakil dari 7 Cabang Olahraga di Paralimpiade Tokyo

- Rabu, 28 Juli 2021 | 00:30 WIB
Logo Olimpiade dan Paralimpiade 2020 (photo/istimewa)
Logo Olimpiade dan Paralimpiade 2020 (photo/istimewa)

Wakil Sekretaris Jenderal Komite Paralimpiade Nasional (NPC Indonesia) Rima Ferdianto menyebutkan, bahwa ada 23 atlet dari tujuh cabang olahraga yang akan berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020.

Menurut dia, jumlah tersebut jauh meningkat dibanding Paralimpiade sebelumnya di Rio de Janeiro, Brazil, pada 2016. Kala itu, Indonesia memberangkatkan sembilan atlet dari empat cabang olahraga.

Dalam ajang tersebut, Indonesia membawa pulang satu perunggu melalui Ni Nengah Widiasih yang turun di cabang olahraga powerlifting nomor 41kg putri. Hasil tersebut menempatkan Indonesia di posisi 76 dalam daftar peringkat perolehan medali.

Rima pun berharap di Paralimpiade Tokyo nanti Indonesia dapat lebih berprestasi. Ia pun membeberkan empat target Indonesia dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di dunia tersebut. 

Baca juga: Buntut Rayakan Ultah saat PPKM, Seleb TikTok ini Dipanggil Polisi & Disidang Kamis Lusa

Semula, sambung dia, target Indonesia hanya meloloskan 15 atlet dari enam cabang olahraga, kemudian meraih satu medali emas dan memperbaiki peringkat ke 60 besar dunia.

"Sejauh ini, dua target sudah terlewati, yakni atlet yang lolos menjadi 23, jauh diatas target 15, dan sudah tujuh cabang olahraga yang lolos dari enam cabang yang ditargetkan," kata Rima dikutip dari ANTARA, Selasa (27/7).

"Tinggal dua target sisa, yaitu satu medali emas dan peringkatnya masuk 60 besar dunia," tambahnya.

Dari tujuh cabang olahraga yang diikuti Indonesia di Paralimpiade Tokyo, para badminton dan para atletik menjadi cabang yang paling banyak mengirikan perwakilan, yaitu masing-masing tujuh atlet. 

Kemudian para tenis meja sebanyak tiga atlet, para menembak dan para renang masing-masing dua atlet. Selain itu, ada pula wakil dari para cycling dan para powerlifting yang masing-masing mengirim satu atlet. 

Berikut, inilah daftar lengkap atlet Indonesia yang akan berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020:

Para Atletik
1. Saptoyogo Purnomo
2. Karisma Evi Tiarani
3. Putri Aulia
4. Elvin Elhudia Sesa
5. Famini
6. Jaenal Aripin
7. Setiyo Budi Hartanto

Para Badminton
1. Fredy Setiawan
2. Hary Susanto
3. Dheva Anrimusthi
4. Leani Ratri Oktila
5. Khalimatus Sa'diyah
6. Ukun Rukaendi
7. Suryo Nugroho

Para Tenis Meja
1. Dian David Mickael Jacobs
2. Komet Akbar
3. Adyos Astan 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X