PPKM Darurat Diperpanjang, DPR: Segera Distribusikan Bansos Secepatnya!

- Rabu, 21 Juli 2021 | 10:13 WIB
Seorang pegawai Bulog memasang spanduk di truk angkutan bantuan sosial (Bansos) beras di Dumai, Riau. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid).
Seorang pegawai Bulog memasang spanduk di truk angkutan bantuan sosial (Bansos) beras di Dumai, Riau. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mendorong agar pemerintah segera distribusikan bantuan sosial (bansos) ke masyarakat. Hal ini diminta usai pemerintah memperpanjang PPKM Darurat sampai 25 Juli.

"Sekarang yang harus dipastikan adalah implementasi pembagian bantuan sosial yang diberikan Pemerintah. Segera distribusikan secepatnya agar dampak sosial dari kebijakan PPKM Darurat ini tidak membuat masyarakat semakin kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan dasarnya," kata Ace kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Ace berkata, kebijakan PPKM Darurat yang kembali diperpanjang pastinya pemerintah sudah melakukan evaluasi dan melihat perkembangan selama penerapannya.

"Memang ada kecenderungan penurunan dari positivity rate kasus Covid-19 dan tingkat keterisian Rumah sakit dalam dua hari terakhir ini. Tapi itu tidak cukup untuk mengambil kebijakan bahwa PPKM Darurat ini diturunkan statusnya," tutur dia.

Baca Juga: 1.324 Pasien Covid-19 Kota Bogor Dinyatakan Sembuh, Kadis Kesehatan: Seluruhnya 21.624

Terkait langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan membuka beberapa sektor ekonomi namun menunggu tanggal 26 Juli terlebih dahulu dianggapnya juga tepat. Di mana terlebih dahulu pemerintah melihat kecendrerungan penanganan Covid-19.

"Kebijakan untuk membuka beberapa sektor ekonomi seperti pasar tradisional, toko kelontongan dan lain-lain yang merupakan sektor skonomi kerakyatan merupakan langkah yang tepat. Sebab, jika kehidupan ekonomi mereka tidak berjalan, hal itu menyangkut kebutuhan ekonomi mereka yang harus terpenuhi. Ekonomi yang paling esensial harus tetap berjalan," beber Ace.

"Sektor ini kan belum tentu terpenuhi kebutuhan pokoknya tercover oleh bantuan sosial yang diberikan pemerintah. Sektor itu yang justru menjadi daya tahan Ekonomi masyarakat pada level yang paling bawah," tambah Politikus Partai Golkar ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X