Cara Buronan Hendra Subrata Sembunyi 10 Tahun, Ganti Identitas KTP Hingga Ubah Agama

- Minggu, 27 Juni 2021 | 09:13 WIB
Buronan Hendra Subrata berhasil ditangkap (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Buronan Hendra Subrata berhasil ditangkap (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Buronan terpidana percobaan pembunuhan Hendra Subrata (81) alias Anyi telah tiba di Jakarta dari Singapura. Hendra telah menjadi buronan selama 10 tahun. Dia menyembunyikan diri dengan cara berganti KTP dan agama.

Kapuspenkum Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan Hendra awalnya berk-KTP DKI Jakarta dengan agama Kristen. 
Namun, saat mengurus perpanjangan paspor di KBRI Singapura, namanya berubah menjadi Endang Rifai dari Tangerang, Banten. Agamanya juga berubah menjadi Islam.

"Jadi yang bersangkutan (Hendra Subrata alias Endang Rifai-red) berganti nama dan berganti identitas dengan KTP Tangerang," ungkap Leonard.

Jaksa Agung Muda Intelijen (JAMItel) Sunarta menyebutkan, deportasi Hendra Subrata terlaksana berkat kecermatan dan kesungguhan KBRI Singapura dalam menindaklanjuti kecurigaan dan temuan fungsi imigrasi KBRI Singapura, mengenai identitas paspor warga negara Indonesia atas nama Endang Rifai dan kesamaannya dengan data WNI atas nama Hendra Subrata.

"Kerja sama lingkup internal yang efektif dan pelaksanaan koordinasi dengan Dirjen Imigrasi, Kejagung dan Mabes Polri serta masing-masing fungsi Atase yang berjalan lancar membuat identifikasi dan pemulangan tersebut menjadi lebih mudah," papar Sunarta.

Terpidana Hendra Subrata langsung dibawa ke Kejaksaan Agung untuk selanjutnya menjalani eksekusi badan di Rumah Tahanan Salemba Cabang Kejaksaan Agung. Sebelumnya menjalani pemeriksaan kesehatan dan isolasi sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Pemulangan Hendra Subrata mendapat perlakuan khusus karena usianya yang sudah sepuh. Meski dapat berjalan, pria usia 81 tahun itu menggunakan tongkat saat berdiri, dan dibawa menggunakan kursi roda.

Berdasarkan kasasi MA, Hendra Subrata divonis empat tahun pidana penjara. Dia terbukti melakukan percobaan pembunuhan terhadap korban Herwanto Wibowo yang merupakan rekan bisnis-nya, pada tahun 2009.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X