Partai Demokrat Bocorkan "Strategi" Hadapi Pemilu 14 Februari 2024

- Selasa, 25 Januari 2022 | 11:46 WIB
Partai Demokrat. (Istimewa)
Partai Demokrat. (Istimewa)

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan pihaknya menyambut baik jadwal pemilihan umum (Pemilu) yang sudah ditetapkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Menurut Herzaky sejak awal Partai Demokrat menyetujui usulan penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ingin jadwal pencoblosan dilakukan pada Februari 2024.

"Usulan KPU ini bagi Partai Demokrat tentunya sudah melalui banyak pertimbangan, baik secara teknis maupun skala risikonya," kata Herzaky, Selasa (25/1/2022).

Ditekankan Herzaky, dengan adanya kepastian jadwal Pemilu 2024 tersebut pastinya membuat partai politik (Parpol) bisa lebih fokus melakukan persiapan dan menyiapkan beberapa strategi. Seperti halnya Partai Demokrat yang fokus melakukan konsolidasi internal dalam upaya menyambut pesta demokrasi ini.

"Dengan kepastian jadwal ini, tentunya semua parpol bisa lebih fokus dalam persiapan menuju Pemilu 2024. Kami sendiri saat ini sedang fokus konsolidasi internal, transformasi dan regenerasi organisasi hingga ke tingkatan terbawah, sebagai bagian dari persiapan verifikasi parpol di semester dua tahun 2021 ini," beber Herzaky.

BACA JUGA: Demokrat Nilai Presidential Threshold Tak Relevan di Pilpres 2024

Secara bersamaan, kata Herzaky, Partai Demokrat tetap akan melanjutkan kerja-kerja nyata membantu rakyat melewati pandemi, krisis ekonomi, dan krisis demokrasi saat ini.

"Tentu, Demokrat semakin optimis menatap 2024, dengan melihat kebersamaan kami dengan rakyat selama ini," tegas dia.

Disamping itu Herzaky mengakui jika pelaksanaan Pemilu bukanlah hal yang mudah. Di mana membutuhkan kesiapan dan sumber daya yang cukup, apalagi Pileg, Pilpres dan Pilkada dilakukan di tahun yang sama

"Jika waktu pelaksanaan terlalu dekat, maka beban beratnya di KPU, dan juga Bawaslu. Oleh sebab itu, jeda diperlukan untuk mengurangi beban kerja dari pelaksanaan pemilu nasional ini," urai dia.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bersama dengan pemerintah dan penyelenggara Pemilu sepakat untuk penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 digelar pada tanggal 14 Februari 2024.

Hal tersebut usai DPR RI, pemerintah bersama penyelenggara pemilu menggelar rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

"Penyelenggaraan pemungutan suara Pemilu Serentak (untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta anggota DPD RI) tahun 2024 dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024," kata Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia membacakan kesimpulan rapat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X