The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

2 Cucu dari Nenek di Bogor Ditahan Rentenir Sebagai Jaminan Utang, Ketua DPD RI Geram
Kasus dua bocah dijadikan jaminan utang (Istimewa)
News

2 Cucu dari Nenek di Bogor Ditahan Rentenir Sebagai Jaminan Utang, Ketua DPD RI Geram

Senin, 09 Agustus 2021 12:43 WIB 09 Agustus 2021, 12:43 WIB

INDOZONE.ID - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengetahui ada dua cucu dari seorang warga di Kota Bogor, Jawa Barat, dijadikan jaminan utang oleh rentenir.

"Jelas ini bukan tindakan yang dibenarkan, apalagi melibatkan anak-anak yang sama sekali tidak mengerti duduk persoalannya. Dua bocah itu bahkan sempat ditahan selama 20 hari," kata La Nyalla, dikutip dari Antara, Senin (9/8/2021).

Menurut La Nyalla, masalah utang ini harusnya bisa diselesaikan dengan cara lain tanpa melibatkan anak-anak karena bisa berdampak pada psikologis.

"Anak-anak harus dibebaskan dari masalah-masalah orang tua. Kita tidak mau tekanan ini terus terbawa hingga mereka besar," ucap anggota DPD RI  dapil Jatim itu.

Saat ini, kasus tersebut telah dimediasi aparat dari Polresta Bogor Kota. Meski begitu, La Nyalla meminta polisi tetap mengusut kasus ini secara tungas.

"Polisi harus usut sampai tuntas. Cari tahu adakah kekerasan atau intimidasi yang diterima anak-anak itu. Pastikan juga masalah seperti ini tidak diulangi pelaku. Jangan sampai ada korban anak-anak lainnya," kata mantan Ketua Umum PSSI tersebut.

Diketahui, peristiwa mengiris hati ini dialami oleh Nenek Mardiyah (58) warga Kelurahan Bubulak, Kota Bogor. Dia awalnya meminjam uang kepada warga berinisial M untuk mengobati anaknya yang sakit.

Sebagai jaminan, M meminta cucu Mardiyah yang berusia 5 tahun sebagai jaminan dan menahan anak itu 20 hari. Parahnya, hingga ibu kandung bocah-bocah itu meninggal, M tak kunjung memulangkan mereka.

M justru datang bersama temannya berinisial N yang sebelumnya juga meminjamkan uang dengan membawa surat kesepakatan. Isinya nenek Mardiyah punya utang Rp15,4 juta kepada N dan Rp4 juta ke M.

Sebagai jaminan lagi, M akhirnya membawa cucu Mardiyah yang berusia 10 tahun.

Nenek Mardiyah dibantu warga akhirnya meminta bantuan PBH Peradi Cibinong untuk melapor ke polisi dan barulah kedua anak itu dipulangkan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US