Para Ahli Mengatakan Kelahiran China Mungkin Turun di Bawah 10 Juta dalam 5 Tahun ke Depan

- Senin, 19 April 2021 | 14:44 WIB
Kelahiran China mungkin turun 5 tahun ke depan (REUTERS/Thomas Peter)
Kelahiran China mungkin turun 5 tahun ke depan (REUTERS/Thomas Peter)

China dapat melihat jumlah kelahirannya turun di bawah 10 juta setiap tahun dalam lima tahun ke depan jika pemerintah tidak segera menghapus kebijakannya yang membatasi keluarga pada dua anak.

Total populasi China juga dapat turun dalam beberapa tahun, Dong Yuzheng, direktur di Akademi Pengembangan Populasi Guangdong, mengatakan kepada Yicai, outlet berita keuangan China.

Jumlah bayi yang lahir di Tiongkok turun 580.000 menjadi 14,65 juta pada 2019 dan angka kelahiran 10,48 per seribu adalah yang terendah sejak 1949 ketika metode pengumpulan data saat ini dimulai, menurut Biro Statistik Nasional, dikutip dari Reuters.

Tingkat kelahiran yang menurun di negara itu dan masyarakatnya yang menua dengan cepat diperkirakan akan menguji kemampuannya untuk membayar dan merawat lansia.

Meskipun China menghapus kebijakan satu anak selama puluhan tahun pada tahun 2016, pasangan tidak didorong untuk memiliki keluarga yang lebih besar karena meningkatnya biaya perawatan kesehatan, pendidikan, dan perumahan. Ketidakpastian ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 semakin membebani keputusan untuk memiliki anak.

Data terpisah dari Kementerian Keamanan Publik menunjukkan angka kelahiran tahun lalu anjlok 15% menjadi 10,035 juta kelahiran dari 11,79 juta pada 2019.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X