Wagub DKI Bantah Jakarta Timur Sudah Terapkan PPKM Level 1

- Kamis, 30 September 2021 | 10:14 WIB
Wagu DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (ANTARA).
Wagu DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (ANTARA).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah Jakarta Timur saat ini memasuki status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Menurutnya hingga kini seluruh wilayah ibu kota masih menerapkan PPKM Level 3.

"Sampai hari ini Jakarta masih masuk pada PPKM Level 3. Jadi, (PPKM di Jaktim dan Kepulauan Seribu Level 1) bukan level PPKM," ucap Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, (30/9/2021).

Riza menjelaskan, dalam menetapkan PPKM yang berstatuskan level 1, Kementerian Kesehatan memutuskannya dengan pertimbangan sejumlah indikator. Dari hasil tersebut, baru lah diketahui level berapa yang diterapkan suatu wilayah.

"Level 1 artinya penularan tidak terjadi, namun ada keterbatasan penerapan upaya pencegahan penularan. Atau, ada kasus tapi masih dapat dikendalikan melalui tindakan efektif di sekitar kasus atau klaster kasus," terangnya.

Kendati demikian, dalam keputusan pemerintah pusat, Jakarta masih menerapkan PPKM Level 3 hingga 4 Oktober 2021. Dengan  begitu, artinya masih terdapat penularan Covid-19 skala komunitas dengan kapasitas respons terbatas dan terdapat risiko layanan kesehatan yang tidak memadai.

Baca Juga: Bapak-bapak Ganti Plat Merah Mobil Dinas Jadi Hitam, Disetop Petugas di Jalan Lintas Aceh

"Jadi kalau (Jaktim dan Kepulauan Seribu) masuk level 1 tentu baik menurut Kemenkes dengan pendataan dari versi Kemenkes. Jadi, bedakan level yang dimaksud di Kemenkes beda dengan level di PPKM," jelas Riza.

Sekadar diketahui sebelumnya, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan bahwa seluruh wilayahnya telah memasuki PPKM Level I. Ia mengklaim hal itu berdasarkan riset dari pemerintah pusat.

"Kita sangat bersyukur, Jakarta Timur telah memasuki PPKM Level 1. Itu berdasarkan dari riset pemerintah pusat sebagai salah satu kota yang berhasil menekan angka penularan Covid-19,” ujar Anwar dalam siaran pers Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Selasa (28/9/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X