Anies Ingin Ubah Nama Kota Tua Kembali Jadi Batavia, Apa Kata Budayawan Betawi?

- Kamis, 29 April 2021 | 12:33 WIB
Wilayah Kota Tua Jakarta. (Instagram/@kotatuajakartaid).
Wilayah Kota Tua Jakarta. (Instagram/@kotatuajakartaid).

Budayawan Betawi Ridwan Saidi menanggapi mengenai rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin mengubah nama Kota Tua Jakarta kembali menjadi Batavia.

Ridwan setuju dengan usulan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, namun ia meminta agar pergantian nama menjadi Batavia itu dilakukan terhadap kawasan lainnya.

“Yang diganti jangan Batavianya saja, karena ada nama Kota Intan itu yang di Kali Besar Barat yang ada hotel Uni Batavia yang ada jembatan gantung,” ucap Ridwan kepada Indozone, Kamis (29/4/2021).

“Dan satu lagi Majakatera. Majakatera itu di daerah Kali Besar Timur. Jadi kalau mau ganti, ganti sepaket, bukan sepotong-potong,” tambahnya.

Baca Juga: Alasan Anies Baswedan Ingin Ubah Nama Kota Tua Jadi Batavia Lagi

Ia pun menjelaskan bahwa kawasan Batavia memang hanya sebatas Kota Tua itu, namun Kota Intan dan Majakatera juga merupakan bagian penting setelah Pelabuhan Sunda Kelapa.

“Batavia itu memang Kota Tua diganti oleh Belanda 1623. Benar Pak Anies, tapi jangan itu saja dong yg diganti. Karena itu memang daerah yang penting setelah Pelabuhan Sunda Kelapa,” terang Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan pun menyebutkan pergantian nama Kota Tua kembali ke Batavia akan berdampak bagus bagi masyarakat agar mengetahui sejarah-sejarah lainnya di sekitaran kawasan itu.

“Malah makin bagus dong, orang jadi tau bersejarah kota Intan itu. Jangan sepotong-sepotong,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X