The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jelang Anies Lengser, Pemprov DKI akan Lakukan Sesuatu pada Program Warisan Ahok
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahoksaat melihat Sungai Ciliwung. (ANTARA/Hafidz Mubarak)
News

Jelang Anies Lengser, Pemprov DKI akan Lakukan Sesuatu pada Program Warisan Ahok

Rabu, 02 Maret 2022 18:05 WIB 02 Maret 2022, 18:05 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana kembali melakukan sesuatu pada program warisan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yakni normalisasi sungai. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan banjir jelang masa jabatannya yang akan berakhir tahun ini.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Yusmada Faizal menyebutkan hingga saat ini terdapat  tujuh kelurahan di Jakarta yang akan menjadi prioritas program penanganan banjir yang jadi andalan Ahok ini.

"Ada 7 kelurahan yang menjadi prioritas ditangani di Ciliwung itu, yaitu Cawang dan Rawajati, kemudian ke depan ada Kebon Baru, Manggarai, Pengadegan, Bidara Cina, serta Kampung Melayu," ucapnya kepada awak media, Rabu (1/3/2022).

Baca juga: Konsep Sumur Resapan Anies Dipakai di IKN Nusantara, PDIP: Di Jakarta Tak Dikerjakan Baik

Untuk pelaksanaan normalisasi sungai itu, Pemprov DKI bertanggung jawab dalam membebaskan lahan di bantaran kali. Sedangkan, pengerjaan normalisasi itu sendiri akan dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR).

"Ini bertahap ya, karena ada kendala soal administrasi. Banyak yang keberatan dan itu butuh waktu, butuh proses," terang Yusmada.

Selama menangani masalah banjir di Jakarta di era pemerintahan Anies, Dinas SDA DKI memang fokus melaksanakan gerebek lumpur dan membangun sumur resapan. Sehingga program normalisasi sungai tidak berjalan.

Meski demikian, anak buah Anies Baswedan ini mengaku akan kembali melakukan normalisasi sungai demi mengatasi masalah banjir yang kerap terjadi dan menimpa warga ibu kota saat musim hujan tiba.

"Peningkatan kapasitas sungai, seperti Ciliwung dan Sunter itu tetap Pemprov komit ya dengan melakukan pembebasan lahan secara bertahap," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahmy Fotaleno
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US