The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keren! Indonesia Sedang Rancang Kapal Selam Mini untuk Misi Penyusupan, Bawa 2 Torpedo
Ilustrasi kapal selam (Pixabay)
News

Keren! Indonesia Sedang Rancang Kapal Selam Mini untuk Misi Penyusupan, Bawa 2 Torpedo

Minggu, 18 April 2021 09:38 WIB 18 April 2021, 09:38 WIB

INDOZONE.ID - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)  sedang merancang desain kapal mini dengan panjang mencapai 32 meter.

BPPT mengembangkan proyek ini sejak tahun 2017-2019 dengan kerjasama bersama industri pertahanan dalam negeri.

Dengan kapal selam mini tersebut, alutsista Indonesia akan semakin bertambah terutama di bidang pengintaian dan penyusupan.

Meski mini, kapal selam tersebut bisa menyelam hingga kedalaman operasional 150 meter, kedalaman pengujian 170 meter, dan kedalaman runtuh 320 meter.

"Kecepatan operasional maksimal 15 knot. Kapal selam mini ini dirancang untuk dapat dipersenjatai dengan 2 heavy weight torpedo untuk mendukung misi operasionalnya," tulis Lembaga Kajian Pertahanan Strategis di akun Facebooknya, seperti dikutip Indozone, Minggu (18/4/2021).

Kapal selam mini ini juga bisa menampung maksimal 12 awak kabin dan pasukan. Kemampuannya antara lain bisa memblokir jalur transportasi musuh, mendeteksi kejahatan di wilayah perairan Indonesia, dan menyerang kapal selam yang memasuki wilayah perairan Indonesia.

"Rancangan kapal selam ini juga mempertimbangkan aspek redundansi sistem agar tetap andal saat menjalankan misi yang diemban. Oleh karenanya memerlukan tahapan sasaran antara untuk mengurangi tugas berat pada proses awal perancangan, termasuk mitigasi risiko dan mengatasinya pada pembangunan kapal selam di atas kelas midget ini," tegas akun tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US