Rawan Hujan Ekstrem, BNPB Minta Ini ke Warga yang Tinggal Dekat Sungai

- Jumat, 3 Januari 2020 | 10:40 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (Antara/Dewanto Samodro).
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (Antara/Dewanto Samodro).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, meminta warga yang tinggal dekat aliran sungai waspada. Tujuannya untuk mengantisipasi dampak bencana yang lebih besar.

Cuaca ekstrem diperkirakan masih terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Menurut analisis Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), akan masuk aliran udara basah dari arah Samudera Hindia sebelah barat pulau Sumatera di sepanjang ekuator pada 5–10 Januari 2020.

Kondisi itu berdampak meningkatnya intensitas curah hujan menjadi lebih ekstrem, sehingga masih akan berpotensi hujan ekstrem di wilayah Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jambi sampai Lampung, termasuk Jawa, tentunya Jabodetabek.

“Untuk yang tinggal dekat daerah aliran sungai (DAS) diusahakan jangan ada di rumah dan mengikuti arahan tim evakuasi untuk mengungsi di posko yang telah tersedia,” kata Doni.

Doni pun mengharapkan ketegasan para pemimpin daerah dalam mengingatkan masyarakat untuk mengungsi, melihat prediksi cuaca ekstrem yang masih akan terus terjadi hingga pertengahan Februari 2020.

“Sangat diharapakan ketegasan para pemimpin daerah untuk mengingatkan masyarakat. Harta penting tetapi nyawa lebih penting,” ujar Doni.

Data BNPB hingga Kamis (2/2) pukul 21.00 WIB, jumlah korban meninggal akibat banjir di Jabodetabek adalah 30 orang.

Korban meninggal terbanyak berada di Kabupaten Bogor 11 orang, kemudian Jakarta Timur (7), Kota Bekasi (3), Kota Depok (3), Jakarta Pusat (1), Jakarta Barat (1), Kabupaten Bekasi (1), Kota Bogor (1) dan Kota Tangerang (1).

Adapun dari penyebabnya, 17 orang meninggal karena terseret arus banjir, 5 tertimbun longsor, 5 tersengat listrik dan 3 hipotermia.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X