Waduh, Perumahan di Tangsel Terpapar Radioaktif
Ilustrasi pertanda lingkungan terpapar radioactive. (Unsplash/Ilja Nedilko)
News

Waduh, Perumahan di Tangsel Terpapar Radioaktif

Dilarang memasuki lokasi.

Sabtu, 15 Februari 2020 11:37 WIB 15 Februari 2020, 11:37 WIB

INDOZONE.ID - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengeluarkan pernyataan yang cukup mengagetkan pada Jumat (14/2/2020), dimana Perumahan Batan Indah di Kecamatan Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten terpapar radioaktif.

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama,dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan mengatakan pada tanggal 30-31 Januari 2020, Bapeten melakukan uji fungsi dengan target areameliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong.

"Secara umum nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal (paparan latar), namun pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Indozone, Sabtu (15/2/2020).

Dijelaskan bahwa tim uji fungsi melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut
di atas, dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal.

"Bapeten telah melakukan koordinasi dengan menginformasikan hasil pengecekan ke ketua RT setempat, dan memasang safety perimeter (garis pembatas) di lokasi dengan laju paparan yang tinggi, dengan disaksikan oleh ketua RT," jelasnya.

Tim Batan dan Bapeten juga akan melakukan pemeriksaan Whole Body Counting (WBC) terhadap beberapa warga di sekitar lokasi. Laju paparan pada batas trotoar jalan Perumahan Batan Indah blok H, I, J dan lapangan voli blok J terukur pada batas normal.

"Untuk alasan keselamatan, warga dihimbau untuk tidak memasuki lokasi terdampak kontaminasi hingga batas trotoar dan lapangan voli," pungkasnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU