Anies Baswedan Apresiasi Penghijauan Bantaran Sungai Ciliwung

- Minggu, 16 Februari 2020 | 18:06 WIB
Penanaman Akar Wangi di bantaran Sungai Ciliwung. (Pen Kopassus)
Penanaman Akar Wangi di bantaran Sungai Ciliwung. (Pen Kopassus)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengapresiasi langkah Umat Hindu bersama Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, yang melakukan penanaman 3 ribu pohon Akar Wangi di bantaran Sungai Ciliwung.

Anies mengatakan, selama ini Kopassus sering membantu melaksanakan aksi penghijauan di berbagai daerah, khususnya di Ibukota. Untuk itu, aksi penghijauan dalam rangka Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 pun dipuji Anies.

"Terima kasih kepada Danjen Kopassus dan umat Hindu yang hari ini melakukan aksi penanaman pohon Akar Wangi. Beliau selama ini konsistem dalam merawat, membangun dan menyelamatkan ekosistem alam, yang ada di sekitar markas ini," katanya usai mengikuti bakti sosial dan penanaman pohon di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (16/2/2020).

Anies menambahkan, Jakarta merupakan kota terbanyak dilintasi sungai alami di Indonesia. Untuk itu, ia berharap kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem sungai terus meningkat.

-
Penanaman Akar Wangi oleh umat Hindu dalam rangka Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942. (Pen Kopassus)

 

Adapun Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa yang juga Ketua Panitia Nyepi Nasional Tahun Baru Saka 1942 menambahkan, pemilihan tanaman Akar Wangi bukan tanpa sebab. Tanaman ini dinilai cocok untuk menahan abrasi di aliran sungai.

"Akar tanaman ini bisa tumbuh hingga sepanjang 6 meter, sehingga bisa mengikat tanah. Pola menanamnya pun perlu diperhatikan, perlu ada tanaman di tengah agar akar-akar bisa saling mengikat," tandas Danjen Kopassus. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X