The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Masker Ternyata Hanya Boleh Dipakai Anak di Atas Usia 2 Tahun, Kenapa?
Ilustrasi ibu mengajari anak pakai masker. (centralpennparent.com)
News

Masker Ternyata Hanya Boleh Dipakai Anak di Atas Usia 2 Tahun, Kenapa?

Ada banyak risikonya.

Kamis, 02 Juli 2020 12:45 WIB 02 Juli 2020, 12:45 WIB

INDOZONE.ID - Meskipun penularan Covid-19 masih berlangsung, namun saat ini sudah banyak orang yang beraktivitas di luar rumah. Sebagai salah satu upaya melindungi diri dari infeksi virus corona baru atau SARS-CoV-2, semua orang termasuk anak-anak diimbau untuk mengenakan masker ketika berada di luar rumah.

Di sisi lain, penggunaan masker pada anak-anak perlu mendapat perhatian khusus. Spesialis anak dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc mengatakan, penggunaan masker hanya direkomendasikan pada anak di atas usia 2 tahun. Apabila masker digunakan oleh anak yang usianya di bawah 2 tahun, malah ada risiko-risiko yang membahayakan untuk anak.

"Pertama, saluran napas anak di bawah 2 tahun masih kecil sehingga ketika menggunakan masker akan kesulitan bernapas. Mereka masih sulit untuk bernapas melalui masker," ujar dr Caessar saat menjawab pertanyaan Indozone dalam suatu webinar kemarin.

Ia menambahkan, risiko lain yang bisa terjadi adalah tercekik. Hal ini dikarenakan anak di bawah usia 2 tahun belum bisa melepaskan maskernya sendiri ketika sulit bernapas karena menggunakan masker. Inilah yang menyebabkan risiko anak tercekik.

Alasan lain anak di bawah usia 2 tahun tidak disarankan memakai masker karena mereka masih sering menyentuh wajah dan masker. Dikatakan oleh dr Caessar, hal itu membuat efek perlindungan masker menjadi tidak optimal. Sebab masih sering dipegang oleh anak.

"Apabila anak masih berusia di bawah 2 tahun maka bisa dilindungi dengan cara lain yaitu diletakkan di stroller yang ada penutupnya. Paling penting membatasi jarak anak dari orang lain minimal 2 meter. Sedangkan kalau anak sudah berusia di atas 2 tahun perlu diajarkan memakai masker bila bepergian ke luar rumah," pungkas dr Caessar.


Artikel Menarik Lainnya:
TAG
Edi Hidayat
Maria Adeline Tiara Putri
JOIN US
JOIN US