3 Individu Orangutan yang Dulu Diserahkan Warga Kini Sudah Dilepas Lagi ke Hutan

- Selasa, 6 April 2021 | 23:14 WIB
Ilustrasi orangutan (Antaranews)
Ilustrasi orangutan (Antaranews)

Tiga individu orangutan dilepasliarkan ke kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) Daerah Aliran Sungai (DAS) Mendalam Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Betuk Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) Kapuas Hulu Arief Mahmud mengatakan, kawasan TNBK dipilih sebagai lokasi lepas liar setelah melalui survei.

"Tiga ekor orangutan itu dilepasliarkan di hutan TNBK DAS Mendalam yang sebelumnya sudah dilakukan survei, bahwa hutan tersebut aman dan akan diawasi oleh tim monitoring sampai orangutan itu bisa hidup secara liar di habitatnya," kata Arief dilansir ANTARA, Selasa (6/4/2021).

Arief mengatakan, pelepasliaran itu merupakan yang ketujuh kalinya di kawasan TNBK. Total ada 16 orangutan dan di antaranya kini diperkirakan sudah berkembang biak.

Menurut Arief, pihaknya melibatkan warga setempat di Desa Nanga Ovat DAS Mendalam untuk melindungi habitat dan populasi orangutan.

"Kami yakin populasi orangutan tetap terjaga dan kami pun lakukan pemberdayaan kepada masyarakat contoh di bidang pendidikan, kami buka taman baca, petugas kami membantu mengajar di sekolah karena memang kondisi pendidikan di daerah itu memprihatinkan, kemudian kami juga ada berikan beasiswa untuk anak sekolah," kata Arief.

Perwakilan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Dini Wahyu mengatakan, tiga individu orangutan itu merupakan hasil penyerahan secara sukarela masyarakat di luar Kapuas Hulu.

"Jadi orangutan itu terlebih dahulu direhabilitasi untuk mengembalikan keliarannya sehingga dapat bertahan hidup di hutan bebas," jelas Dini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X