FOTO: Mantan Presiden Kolombia Jadi Tahanan Rumah

- Sabtu, 8 Agustus 2020 | 10:35 WIB
 Mantan presiden Kolombia Alvaro Uribe, berbicara dalam konferensi pers setelah sidang tertutup di Mahkamah Agung (REUTERS/Luisa Gonzalez)
Mantan presiden Kolombia Alvaro Uribe, berbicara dalam konferensi pers setelah sidang tertutup di Mahkamah Agung (REUTERS/Luisa Gonzalez)

Mahkamah Agung Kolombia telah memerintahkan agar mantan presiden Alvaro Uribe ditempatkan dalam tahanan rumah sementara ia sedang diselidiki atas tuduhan penipuan dan mengganggu saksi.

Mahkamah menyatakan dalam putusan yang diambil dengan suara bulat pada hari Selasa mengenai perintah agar Uribe dikurung di rumahnya karena khawatir ia akan berupaya mengganggu proses hukum.

Putusan itu menandai untuk pertama kalinya seorang mantan presiden Kolombia menghadapi penahanan hukum.

-
Aksi protes yang mendukung keputusan penahanan rumah yang diperintahkan oleh Mahkamah Agung Kolombia (REUTERS/STRINGER)

Kasus yang dituduhkan terhadap Uribe berasal dari tuduhannya bahwa Senator Ivan Cepeda, yang telah lama menjadi lawan politiknya, telah memalsukan bukti yang mengaitkan Uribe dengan kelompok paramiliter sayap kanan. 

Tetapi mahkamah menutup penyelidikannya terhadap Cepeda pada tahun 2018 dan malah membuka penyelidikan terhadap Uribe atas tuduhan menyuap para saksi yang akan memberatkannya.

-
Bendera bertuliskan "Kami Bersama Uribe" terlihat saat melakukan protes terhadap tindakan penahanan rumah yang diperintahkan oleh Mahkamah Agung (REUTERS/STRINGER)
-
Seorang pendukung Alvaro Uribe, mantan presiden dan legislator Kolombia, memegang tanda bertuliskan "Uribe dalam kebebasan" selama protes (REUTERS/LUISA GONZALEZ)
-
Seorang pendukung Alvaro Uribe, mantan presiden dan legislator Kolombia, mengibarkan bendera Kolombia selama protes (REUTERS/LUISA GONZALEZ)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X