Bantu Pengungsi Rohingya, Uni Eropa Tambah Bantuan Dana Rp35 Miliar

- Selasa, 15 Desember 2020 | 22:59 WIB
Pengungsi etnis Rohingya antre mengambil bantuan dari badan filantropis. (Photo/ANTARA FOTO/Rahmad)
Pengungsi etnis Rohingya antre mengambil bantuan dari badan filantropis. (Photo/ANTARA FOTO/Rahmad)

Uni Eropa pada Selasa (15/12/2020) mengumumkan pihaknya menambah bantuan dana sebesar dua juta euro atau setara dengan Rp35 miliar untuk para pengungsi dari etnis Rohingya dan komunitas yang menampung mereka.

"Dana tersebut diperuntukkan  kebutuhan kemanusiaan dan perlindungan mendesak para pengungsi di kawasan, termasuk pengungsi yang tiba di Indonesia pada tahun 2020," kata Uni Eropa melalui keterangan tertulis yang dilansir dari Antara, Selasa (15/12/2020).

Selanjutnya, Uni Eropa menjelaskan tambahan dana itu akan ditujukan untuk membiayai pelayanan kesehatan fisik dan mental para pengungsi, terutama mereka yang selamat dari kekerasan berbasis gender/kekerasan seksual. Dana itu juga akan dipakai untuk pelayanan kesehatan dan kebutuhan nutrisi para pengungsi.

Ratusan pengungsi Rohingya pada tahun ini menempuh perjalanan berbahaya dari kamp-kamp pengungsi menuju negara lain demi mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

Baca juga: Dukung Menlu Tolak Normalisasi Indonesia-Israel, MPR: Seluruh Penjajahan Harus Dihapuskan

Para pengungsi umumnya menempuh perjalanan berbahaya di lautan, menggunakan kapal dan perahu yang muatannya melebihi kapasitas, untuk mencapai tujuan. Namun, seringkali, perjalanan mereka terhenti di tengah laut karena kapal karam atau rusak.

Di tengah situasi pandemi COVID-19, upaya migrasi pengungsi Rohingya juga tidak berhenti. Beberapa bulan terakhir, ratusan pengungsi Rohingya diselamatkan oleh nelayan di Aceh karena mereka terjebak di lautan. Dari ratusan pengungsi yang diselamatkan, sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan.

"Penyelamatan dan penampungan orang Rohingya ini adalah bukti penghormatan Indonesia terhadap hukum internasional dan menunjukkan kemurahan hati pemerintah dan rakyat Indonesia," sebut EU.

Dalam pernyataan yang sama, EU menegaskan kembali komitmennya untuk membantu warga Rohingya serta komunitas yang menampung para pengungsi itu.

"Sejak 2017, Uni Eropa dan negara anggota telah menyumbang lebih dari 226 juta euro (sekitar 3,9 triliun) untuk bantuan darurat pemulihan awal," kata EU.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X