Antisipasi Mobilitas Warga Saat Libur Imlek, Polri Gandeng Tokoh hingga Influencer

- Jumat, 5 Februari 2021 | 17:26 WIB
Sejumlah wisatawan keluar dari kendaraanya menunggu kemacetan reda akibat buka tutup jalan Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (16/8/2020). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Sejumlah wisatawan keluar dari kendaraanya menunggu kemacetan reda akibat buka tutup jalan Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (16/8/2020). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Libur perayaan Imlek bakal segera berlangsung ditengah pandemi virus corona yang tak kunjung hilang di Indonesia. Untuk mengantisipasi terjadinya mobilitas warga secara besar, Polri pun memiliki strategi tersendiri.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya sudah menggandeng para tokoh hingga influencer dalam hal ini. Influencer tersebut akan menyebarkan pesan berkaitan dengan protokol kesehatan pada saat menikmati libur Imlek.

"Kita sudah berkomunikasi dengan berbagai influencer itu bahasa di media tapi kita ada tokoh yang bisa untuk memberika suatu edukasi," kata Irjen Argo dalam konferensi pers di Youtube Kemenkes, Jumat (5/2/2021).

Argo mengatakan para tokoh maupun influencer tersebut akan menyebarkan pesan-pesan agar masyarakat menjalankan protokol kesehatan. Mereka akan menyebarkan pesan tersebut dengan gaya atau pembawaan mereka sendiri.

"Kemarin kita ke tempat beberapa ulama di Muhamadiyah, NU itu kita meminta bantuan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Jadi dengan bahasa ulama yang bisa diterima umatnya," kata Argo.

"Jadi bagaimana menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan. Jadi kita menggunakan beberapa tokoh yang mempunyai umat yang banyak. Nanti kita tetap bersinergi dengan kelompok komunitas maupun ormas yang lain untuk terus memberikan edukasi juga menyiapkan beberapa masker maupun hand sanitizer," sambung Argo.

Lebih jauh, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengatakan pihaknya tetap mendukung keputusan pemerintah terkait aturan saat libur Imlek.

"Prinsipnya kepolisian membackup penuh apa yang menjadi kebijakan pemerintah dan Kemenkes maupun dari Bapak Presiden," pungkas Argo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X