NASA Rilis Foto Kembang Api di Kluster Bintang, Hasilnya Menakjubkan

- Kamis, 9 Juli 2020 | 00:22 WIB
Potret luar semesta yang diambil NASA. (Photo/NASA)
Potret luar semesta yang diambil NASA. (Photo/NASA)

Hasil foto luar angkasa milik NASA belakangan ini sukses membuat publik takjub. Pasalnya Hubble berhasil mengambil foto kembang api di kluster bintang G286.21+0.17. Tampak foto itu berbentuk mosaik.

Mosaik dalam foto kembang api di kluster bintang ini berasal dari 750 observasi radio dengan mengandalkan teleskop radio Atacama Large Milimeter/submilimeter Array atau ALMA yang berada di Chilli dan Hubble.

Kembang api itu terjadi akibat adanya proses kelahiran bintang-bintang baru. Dikutip dari laman Space, Rabu (8/7/2020), kluster bintang itu terletak di region Carina yang berada di dalam galaksi Bima Sakti yang berjarak sekitar 8.000 tahun cahaya.

-
Bintang G286.21+0.17. (Photo/NASA)

Dari gambar ini, terlihat awan berawarna ungu yang mendominasi foto tersebut. Awan berwarna ungu ini merupakan gas molekul mengingat ALMA biasanya bertugas mengamati aktivitas gas yang jatuh dan masuk ke dalam kluster.

Selain itu, gas tersebut lalu menciptakan inti padat yang nantinya membentuk bintang. Jika warna ungu berasal dari ALMA, maka bintang-bintang di foto ini berasal dari gambar-gambar milik teleskop Hubble.

-
Bintang kluster. (Photo/NASA)

Diduga, bintang-bintang dalam kluster G286.21+0.17 ini berasal dari awan molekul yang meninggalkan debu panas. Fenomena itu cukup menakjubkan dan memanjakan mata. Pada ilmuwan percaya bahwa sistem tata surya mampu menciptakan kelahiran berbagai bintang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X