The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Mampu Beli Paket Internet, Siswi Ini Rela Belajar Online di Kuburan Demi WiFi Gratis
Ilustrasi kuburan (Unsplash)
News

Tak Mampu Beli Paket Internet, Siswi Ini Rela Belajar Online di Kuburan Demi WiFi Gratis

Minggu, 28 Maret 2021 19:45 WIB 28 Maret 2021, 19:45 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 membuat siswi Bolivia yang bernama Neydi ini harus mengikuti pembelajaran online. Namun, yang berbeda darinya adalah dia tidak belajar online dari rumah, melainkan dari sebuah pemakaman umum di La Paz, Bolivia.

Dilansir Reuters, Bolivia hingga kini masih menutup sekolah karena pandemi Covid-19 masih mengintai. Sayangnya, Jeanete Alanoca (30), ibu Neydi tidak memiliki banyak uang untuk membeli paket internet.

Harga komputer dan paket data di Bolivia sangat mahal, namun tidak diiringi dengan akses kecepatan internet memadai. Karena itulah, Jeanete mengajak anaknya belajar di tempatnya bekerja, yaitu di Tempat Pemakaman Umum La Paz.

Di tempat pemakaman umum tersebut, ada akses WiFi yang disediakan secara gratis untuk masyarakat. Selain itu, Jeanete juga bisa bekerja sekaligus mengasuh putrinya.

Belajar online di kuburan
Belajar online di kuburan (REUTERS/Santiago Limachi)

Kesulitan keuangan tak hanya membuat Neydi harus belajar di pemakaman, dia juga belajar menggunakan smartphone ibunya karena tidak punya gadget sendiri.

“Sebelum pandemi, saya menyekolahkannya dan mertua saya juga mengasuh dan menjemputnya dari sekolah. Karena situasi yang kami hadapi, saya harus membawanya bekerja,” kata Jeanete.

Meski begitu, keluarga kecil ini masih bersyukur bisa mengakses WiFi gratis, dan Jeanete juga terkadang bisa membantu putrinya memahami dan mengerjakan tugas sekolahnya.

“Mereka bilang kuburan itu menakutkan, tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa karena bagaimanapun saya harus berada di sini bersama putri saya,” pungkas Alanoca.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US