270 Orang yang Diamankan Polisi saat Demo di Jakarta Kemarin Sudah Dipulangkan

- Rabu, 21 Oktober 2020 | 15:47 WIB
Aksi demo mahasiswa menolak UU Cipta Kerja beberapa hari lalu. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Aksi demo mahasiswa menolak UU Cipta Kerja beberapa hari lalu. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Demo tolak Omnibus Law kemarin yang berlangsung di Jakarta ternyata tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus. Sebab, ada sebanyak 270 orang yang diamankan polisi karena diduga hendak melakukan aksi kerusuhan.

"Sebelum dan pasca demo kita amankan 270 ini bentuk preventif yang kita lakukan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Yusri mengatakan 270 orang itu diamankan diseluruh polres-polres jajaran Polda Metro Jaya. Mereka diamankan karena diduga hendak melakukan aksi kerusuhan saat demo terkait Omnibus Law berlangsung di Jakarta kemarin.

"Alhamdulillah kemarin saat demo berjalan dengan aman walau ada riak tapi kita cepat lakukan tindakan humanis, kita bisa amankan mereka semua," beber Yusri.

Lebih jauh Yusri mengatakan ke-270 orang itu langsung dibebaskan oleh pihaknya. Pembebasan mereka tentunya dengan syarat-syarat seperti menandatangani surat perjanjian dan dijemput langsung oleh orang tua mereka.

"270 orang kita amankan sudah kita kembalikan tetapi dengan mekanisme yang sama, mereka bikin pernyataan tidak akan mengulangi lagi, kita suruh jemput orang tuanya dan dari malam sudah dijemput tadi pagi juga," kata Yusri.

Selain itu, massa yang diamankan pada demo kemarin dipastikan tidak ada massa perusuh pada demo sebelumnya yang kembali mengulang aksinya. Mereka dipastikan pelaku-pelaku baru.

"Alhamdulillah tidak ada, makanya mungkin karena banyak kemarin takut dia karena sudah bikin pernyataan kalau mengulang akan tindak sesuai hukum karena terdata semua. Alhamdulillah tidak ada mudah-mudahan jangan ada lagi," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X