Menegangkan! Anies Baswedan Datangi Luhut Pandjaitan, 'I Come to You With Menu of Problem'

- Rabu, 10 Maret 2021 | 19:40 WIB
Kolase foto Anies Baswedan dan Luhut Pandjaitan (antaranews/Instagram @luhut.pandjaitan)
Kolase foto Anies Baswedan dan Luhut Pandjaitan (antaranews/Instagram @luhut.pandjaitan)

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menerima kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (10/3/2021).

Momen pertemuan ini dibagikan Luhut melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan. Menurut Luhut, Anies datang untuk membicarakan berbagai persoalan daerah yang dipimpinnya.

Tepat pukul 9 pagi tadi, saya menerima Gubernur DKI Jakarta Bapak @aniesbaswedan yang ingin berbincang terkait sejumlah permasalahan pengembangan wilayah dan percepatan pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta," tulis Luhut.

Menurut Luhut, pertemuan itu merupakan bagian dari rangkaian koordinasi dengan para kepala daerah terkait bidang infrastruktur dan transportasi. Anies adalah gubernur terakhir dari Pulau Jawa yang bertemu dengan Luhut.

Sebelumnya, Luhut juga bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwana X.

"'Pak Luhut, I come to you with menu of problem.' Begitulah kalimat pertama yang beliau sampaikan. Saya jawab 'no problem pak, we can solve it. Asal harus terintegrasi'. Karena prinsip dan banyak pengalaman 'problem solving' yang saya lakukan, termasuk dalam kaitannya dengan program-program kerja pemerintah," tulis Luhut.

Menurut Luhut, Anies meminta dukungan pemerintah pusat untuk menghadapi tiga persoalan utama di DKI Jakarta.

"Pertama pengendalian banjir, mengingat di Jakarta penyebab banjir ada 3 yaitu rob, tanggul, dan sungai. Karenanya saya sampaikan perlu ada pengendalian banjir di hulu, di ibukota, aktivasi rumah pompa, dan bagaimana agar drainase di Ibukota berfungsi dengan baik," tulis Luhut.

"Yang tak kalah penting adalah penanganan sampah dan limbah di Jakarta dilakukan secara tepat, jika semua hal ini dilakukan secara beriringan, saya kira banjir di Jakarta bisa kita atasi," sambungnya.

Permasalahan kedua yang disampaikan Anies, kata Luhut, yakni persoalan transportasi. 

"Kedua, terkait pengembangan transportasi yang perlu terus diintegrasikan termasuk pembangunan trase-trase infrastruktur transportasi publik demi kemudahan mobilitas warga Ibukota dan Jabodetabek," tulisnya.

Luhut menambahkan, persoalan ketiga yang disampaikan Anies mengenai pariwisata di kawasan Kepulauan Seribu.

"Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional yang ada, saya rasa harus menjelma jadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, lewat proyek-proyek padat karya untuk menggerakkan roda perekonomian kembali," tulis Luhut.

"Kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah selayaknya harus saling sinergi untuk saling membangun. Marilah kita lepaskan ego sektoral yang ada diantara kita demi suksesnya pembangunan Indonesia yang berkelanjutan," sambungnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X