Angkat Nilai Ekonomi, Kediri Gelar Kontes Ikan Cupang Kelas Internasional

- Sabtu, 26 September 2020 | 23:53 WIB
Kontes ikan cupang
Kontes ikan cupang

Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar kontes ikan cupang kelas internasional, "Kediri Betta Contest 2020" yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat di masa pandemi COVID-19.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid di Kediri, Sabtu (26/9/2020).

"Kami angkat supaya ikan cupang ada nilai ekonominya. Ikan cupang termasuk ikan hias, sehingga pembudidaya harus mengetahui bagaimana permintaan model ikan," katanya, dilansir dari Antara.

Nur Hafid juga mengatakan bahwa conventional hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri itu sengaja digelar dengan harapan para pembudidaya ikan juga akan memahami kelas ikan yang bagus.

Selain itu, juga digelar seminar tentang proses memelihara ikan cupang, agar sesuai dengan standar kontes. Ia juga menjelaskan bahwa ikan terbesar ke sejumlah daerah, seperti Kecamatan Ngadiluwih, lalu Desa Paron di Kecamatan Ngasem, Kecamatan Gurah, hingga Kandat.

"Ajang ini sekaligus memajukan dan mengembangkan potensi ikan cupang di Kabupaten Kediri. Di kontes ini kami menggunakan acuan 'International Betta Congress', karena metode penjurian untuk ikan, kami merasa lebih pas," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X