Unggahan Jerinx Ditandai Sesat oleh Instagram, Ini Sebabnya

- Rabu, 3 Juni 2020 | 12:10 WIB
Jerinx (Instagram/@jrxsid)
Jerinx (Instagram/@jrxsid)

Jerinx termasuk salah satu tokoh publik yang juga mengikuti insiden kematian George Floyd usai lehernya diinjak seorang polisi bernama Derek Chauvin.

Seperti halnya pandemi virus corona, Jerinx juga mengaitkan peristiwa ini dengan konspirasi. Menurutnya, kerusuhan yang terjadi di AS telah diatur sedemikian rupa.

Dia pun mengunggah beberapa bukti untuk mendukung klaimnya. Mulai dari potongan gambar sebuah media di AS yang disebut mengambil adegan dari film World War Z untuk dijadikan propaganda.

Kemudian, unggahan mengenai batu yang berada di pinggir jalan dan diklaim akan digunakan oleh perusuh. Lalu, terakhir video yang memperlihatkan kejanggalan dalam video penangkapan George Floyd.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ???????????? (@jrxsid) on

Unggahannya ini kemudian ditandai sebagai informasi menyesatkan oleh Instagram. Kenapa? Mari kita bedah satu-satu.

Pertama adalah potongan dari media MSCNBC yang disebut menggunakan potongan dari film World War Z saat melaporkan demonstrasi di Los Angeles.

Akun Twitter OfficialSlop yang mengunggah gambar itu meminta maaf dan mengakui bahwa itu hanyalah candaan semata. Dia tidak menyangka banyak yang akan tertipu dan menganggap unggahan itu asli.

Kedua, unggahan mengenai batu yang berada di berbagai tempat seperti Frisco, Texas. Dilansir dari AP News, batu bata itu ternyata akan digunakan untuk proyek konstruksi, bukan untuk menyebabkan kerusuhan.

-
Bata di Frisco, Texas (Twitter)

Sersan Evan Mattei dari kepolisian Frisco mengatakan bahwa tumpukan bata itu berada di North County dan Fisher Road, 10 menit jauhnya dari lokasi protes. Batu bata ini ditinggalkan oleh pemiliknya untuk proyek konstruksi.

Ketiga, kejanggalan penangkapan Floyd dimana dia terjatuh di sisi kiri mobil, tapi kemudian terlihat dijepit lehernya di sisi kanan mobil.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X