The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dosen Unpar Ungkap Kecurigaan Keputusan Pengadilan Terkait Kasus Novel Baswedan
Novel Baswedan. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
News

Dosen Unpar Ungkap Kecurigaan Keputusan Pengadilan Terkait Kasus Novel Baswedan

Tidak masuk logika.

Jumat, 24 Juli 2020 18:22 WIB 24 Juli 2020, 18:22 WIB

INDOZONE.ID - Dosen Hukum Pidana FH UNPAR, Agustinus Pohan membeberkan kecurigaanya dalam putusan kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. Dia menyebut ada keterangan dari terdakwa yang tidak patut dipercaya oleh hakim namun hakim malah mempercayainya.

"Fakta sangat serius itu pengadilan menganggap apa yang dilakukan para terdakwa semata-mata niatnya hanya penganiayaan biasa tapi akibatnya jadi serius," kata Agustinus dalam diskusi via live Facebook Sahabat ICW, Jumat (24/7/2020)

Agus menyebut hakim malah lebih percaya dengan keterangan para terdakwa yang padahal keterangan itu tidak masuk logika. Menurutnya sesuatu yang subjektif harus dibuktikan secara normatif.

"Alat yang digunakan cairan yang bisa menimbulkan luka, itu semua orang tahu. Kemana disiram? Itu nggak di kaki tapi bagian atas tubuh seseorang. Dari dua fakta itu harusnya kita mengatakan itu suatu penganiayaan dengan rencana luka berat," kata Agus.

"Sama kayak saya bawa samurai, saya pukul ke orang dan dipengadilan saya hanya bilang mau untuk bikin lecet jari orang, itu semua orang akan tertawa. Masa mau bikin lecet jari orang pakai samurai, harusnya pakai gunting kuku," sambungnya.

Lebih jauh Agus mengatakan kasus ini merupakan kasus yang tidak hanya berdampak pada Novel sendiri melainkan akan berdampak luas. Kasus ini tentunya akan berdampak pada masyarakat itu sendiri yang bisa saja tidak percaya dengan proses hukum yang berlaku di Indonesia.

"Dampaknya bisa mengancam upaya-upaya pemberantasan korupsi. Ini bisa mengancam kepercayaan masyarakat ke pemerintah, masyarakat ke sistem peradilan. Ini bisa mendorong aksi main hakim sendiri kalau sudah nggak percaya pada sistem peradilan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Samsudhuha Wildansyah
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US