Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Kokoh di Puncak, Berpeluang Menjadi Calon Presiden 2024

- Senin, 27 Juli 2020 | 16:24 WIB
Prabowo Subianto. (Instagram/Prabowo) / Ganjar Pranowo. (Instagram/@ganjar_pranowo)
Prabowo Subianto. (Instagram/Prabowo) / Ganjar Pranowo. (Instagram/@ganjar_pranowo)

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indometer, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih kokoh berada di puncak di antara tokoh yang berpeluang menjadi calon presiden pada 2024 mendatang.

Elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) juga masih tetap tertinggi di tengah kecenderungan menurunnya elektabilitas semua partai politik kecuali PSI. Selama masa pandemi, elektabilitas PSI justru naik.

"Prabowo dan PDIP masih kokoh di puncak elektabilitas, sementara hampir semua parpol turun elektabilitasnya, hanya PSI yang mengalami kenaikan," ujar Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer, R Leonard SB, Senin (27/7/2020).

Elektabilitas Prabowo bertengger di angka 17,6 persen atau turun dari sebelumnya 23,1 persen. Sementara itu, elektabilitas kepala dearah lainnya mengalami kenaikan, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ganjar kini berada di urutan kedua, menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang semula membayangi Prabowo. Elektabilitas Ganjar naik dari sebelumnya 9,7 persen menjadi 15,4 persen. Sementara itu Kang Emil melesat dua kali lipat dari 5,2 persen menjadi 11,3 persen.

Sementara itu, tokoh yang berlatar belakang kepala daerah yang mengalami penurunan elektabilitas adalah Anies Baswedan, dari 14,8 persen menjadi 10,1 persen. Kemudian ada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang turun dari 4,5 persen menjadi 2,9 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X