Dokter Sebut Masih Banyak Masyarakat di Lokasi Bencana Abai Akan Protokol Kesehatan

- Minggu, 24 Januari 2021 | 18:06 WIB
Warga membawa logistik bantuan korban bencana banjir bandang, di Desa Arangani, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Jumat (22/1/2021). (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)
Warga membawa logistik bantuan korban bencana banjir bandang, di Desa Arangani, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Jumat (22/1/2021). (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Dokter Zecky Eko Triwahyudi sebagai salah satu relawan dari lembaga medis dan kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) sekaligus dokter spesialis ortopedi MARS, mengatakan bahwa masih banyak masyarakat di lokasi bencana gempa bumi Sulawesi Barat abai terhadap protokol kesehatan.

"Kondisi di lapangan, masyarakat masih terlalu cuek dengan wabah dan tidak menggunakan masker," katanya saat diskusi daring dengan tema "Risiko COVID-19 pada Penanggulangan Bencana Gempa Sulbar", dilansir dari Antara, Minggu (24/1/2021).

Keadaan tersebut cukup menyulitkan tenaga kesehatan dan relawan yang ingin membantu para korban terutama dalam hal penanganan.

Saat ini, lanjut dia, kemungkinan sudah ada personel yang positif COVID-19. Hal itu tidak terlepas dari banyaknya masyarakat tidak patuh protokol kesehatan.

Baca juga: Diduga Berbahan Pengawet, Bio Farma Ungkap Kandungan Vaksin Covid-19 Sinovac

Untuk mengurangi kemungkinan terpapar virus di lokasi bencana, relawan dan tim medis dari MER-C terus mengedepankan dan memperkuat protokol kesehatan terutama menjaga jarak fisik.

"Ini menjadi tantangan," katanya.

Ia mengatakan seluruh tenaga kesehatan, relawan dan pihak-pihak lainnya yang datang ke lokasi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene sudah bebas COVID-19, karena mereka wajib melakukan tes usap atau rapid test antigen.

Di lokasi bencana, MER-C juga melakukan sejumlah upaya promosi kesehatan, yakni edukasi terhadap pasien-pasien ortopedi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X