Perdana Menteri Inggris Akan Bekerja Sama dengan Joe Biden

- Minggu, 24 Januari 2021 | 12:14 WIB
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara dari London, Inggris kepada Presiden AS Joe Biden, pada Sabtu (23/1/2021). (DOWNING STREET HANDOUT via REUTERS)
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara dari London, Inggris kepada Presiden AS Joe Biden, pada Sabtu (23/1/2021). (DOWNING STREET HANDOUT via REUTERS)

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson berharap dapat segera bekerja sama dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk mencapai tujuan-tujuan bersama, termasuk mengatasi perubahan iklim.

Dalam pembicaraan telepon pertamanya dengan Presiden AS, Sabtu (23/1/2021), Johnson menyambut baik pengumuman Biden bahwa AS akan kembali bergabung ke Perjanjian Paris 2015 tentang iklim serta kembali menjadi bagian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kedua pemimpin juga membahas prospek kesepakatan perdagangan bebas.

"Senang bisa berbicara dengan Presiden Joe Biden malam ini. Saya berharap dapat memperdalam aliansi lama antara kedua negara kita saat kita mendorong pemulihan hijau dan berkelanjutan dari Covid-19," kata Johnson di Twitter, melansir Reuters, Minggu (24/1/2021).

BACA JUGA: Buat Tindakan Nakal Terakhir, Trump Memaksa Joe Biden untuk Menunggu di Luar Gedung Putih

Gedung Putih mengatakan Biden dan Johnson berbicara tentang berbagai kerja sama, termasuk melalui organisasi multilateral, dalam mengekang perubahan iklim dan memerangi Covid-19.

"Biden ingin memperkuat hubungan khusus antara negara kita dan merevitalisasi hubungan trans-Atlantik, menggarisbawahi peran penting NATO untuk pertahanan kolektif dan nilai-nilai bersama kita," kata Gedung Putih dalam rilisnya.

"Mereka juga membahas manfaat dari kesepakatan potensial perdagangan bebas antara kedua negara," kata seorang juru bicara Johnson.

Inggris meninggalkan Uni Eropa tahun lalu. Pembicaraan telepon Biden dengan Johnson adalah yang pertama dengan seorang pemimpin Eropa sejak ia menjabat sebagai presiden AS pada 20 Januari lalu.

Pada Jumat (22/1/2021), Biden berbicara dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X