The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hoaks Jadi Ancaman Program Vaksin Covid-19 yang Sedang Dijalankan Pemerintah
Vaksin Sinovac. (AFP/Noel Celis)
News

Hoaks Jadi Ancaman Program Vaksin Covid-19 yang Sedang Dijalankan Pemerintah

Menghambat!

Senin, 25 Januari 2021 12:01 WIB 25 Januari 2021, 12:01 WIB

INDOZONE.ID - Program vaksinasi Covid-19 sedang dijalankan oleh pemerintah pusat. Hanya saja banyak berita bohong atau hoaks yang beredar mengenai vaksinasi tersebut di kalangan masyarakat.

Mengenai hal tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menegaskan hoaks adalah salah satu ancaman dan dikhawatirkan menjadi hambatan dalam program vaksinasi Covid-19 yang tengah dijalankan pemerintah.

“Hoaks (vaksinasi Covid-19) adalah salah satu ancaman dan menjadi hambatan dalam program vaksinasi dalam pengendaian Covid-19,” tutur Rahmad kepada Indozone, Senin (25/1/2021).

Kata Rahmad, jika terlalu banyak berita bohong dan hoaks di media sosial, dikhawatirkan akan memberikan dampak psikologis kepada masyarakat.

Sehingga, lanjut dia, masyarakat pun menjadi ragu atau khawatir apabila divaksin Covid-19. Karena itu, masifnya berita hoaks tersebut disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab haruslah diperangi.

“Harus dipahami bahwa berita yang ridak benar tapi masif dimana-mana itu menjadi seolah benar dan dampaknya akan mengkibatkan orang semakin takut terhadap vaksin atau ada resiko dari vaksin. Padahal itu tdk benar semua,” tegasnya.

Maka dari itu, Politisi PDIP ini menilai masyarakat harus bijak dalam menggunakan media sosial. Sepenuhnya berita yang tersaji di sana agar tak langsung diterima secara utuh dan terpenting mengecek kembali kebenarannya.

“Untuk itu saya menghimbau kepada semua rakyat Indonesia untuk menjalankan melakukan aktivitas di medsos secara bijaksana,” ujarnya.

“Artinya, kalo memang itu berita membahayakan kepada masyarakat lebih baik di check and ricek. Kalo ternyata tidak benar dan salah tolong untuk tidak dishare,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US