Kenang Foto Lawas, Ari Lasso Akui Ahmad Dhani & Teman Dewa 19 Pahlawan Kehidupannya

- Selasa, 10 November 2020 | 15:19 WIB
Ari Lasso posting foto lawas bersama band Dewa 19. (Instagram/Ari Lasso)
Ari Lasso posting foto lawas bersama band Dewa 19. (Instagram/Ari Lasso)

Hari ini Indonesia merayakan hari Pahlawan, berbeda dengan yang lain. Jika pemerintah mengakui sederet pahlawan yang telah ditetapkan, maka beda pula versi Pahlawan bagi Ari Lasso.

Mantan vokalis Dewa 19 itu menyebut kalau teman-teman band-nya dulu merupakan pahlawan yang sebenarnya baginya.

"Selain sahabat n ngeband mereka adalah pahlawan2 kehidupanku. Kalo gak ktmu mrk di masa remaja mungkin hidup dan kehidupanku tidak seperti sekarang," sebut Ari Lasso dalam akun Instagramnya seperti yang dikutip INDOZONE, Selasa (10/11/2020).

Dalam foto tersebut menampilkan masing-masing personel Dewa 19 seperti Ahmad Dhani, Andra Junaidi, Ari Lasso, Erwin Prasetya dan Wawan Juniarso.

"Siapa Pahlawan kehidupan kalian ?? Selamat Hari Pahlawan," tambahnya.

Dewa 19 pertama kali dibentuk pada tahun 1986 oleh empat orang siswa SMP Negeri 6 Surabaya. Nama Dewa merupakan akronim dari nama mereka berempat: Dhani Ahmad (keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum) dan Andra Junaidi (gitar).

Mereka memiliki markas tempat berlatih di rumah Wawan di Jalan Darmawangsa Dalam Selatan No. 7, yang terletak di komplek Universitas Airlangga.

Dewa yang awalnya muncul dengan musik yang lebih pop, kemudian berubah haluan menjadi jazz setelah Erwin memperkenalkan musik jazz ke grup ini. 

Wawan yang merupakan penggemar berat musik rock kemudian memutuskan keluar pada tahun 1988 dan bergabung dengan Outsider yang antara lain beranggotakan Ari Lasso dan Piyu.

Posisi Wawan kemudian digantikan oleh Salman dan nama Dewa pun diubah menjadi Down Beat, yang diambil dari nama majalah jazz terbitan Amerika Serikat. Di kawasan Jawa Timur dan sekitarnya, nama Down Beat waktu itu cukup terkenal, terutama setelah berhasil merajai panggung festival. Sebut saja Festival Jazz Remaja se-Jawa Timur, juara I Festival band SLTA '90 atau juara II Jarum Super Fiesta Musik.

Ketika nama Slank berkibar Wawan kembali dipanggil untuk menghidupkan Dewa, dengan mengajak pula Ari Lasso.

Nama Down Beat pun berubah menjadi Dewa 19, karena waktu itu rata-rata usia personelnya 19 tahun. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X