Soal Usulan Sepeda Masuk Tol di Jakarta, Ini Respon Polda Metro

- Kamis, 27 Agustus 2020 | 13:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan agar ruas tol dalam kota bisa digunakan tepatnya di Cawang-Priok untuk lintasan sepeda balap. Begini respons Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terkait usulan itu.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya hingga kini masih menunggu keputusan dari Kementerian PUPR. Sebab, diizinkan atau tidak usulan itu tergantung PUPR.

"Kami menunggu Kementerian PUPR apakah diizinkan atau tidak," kata Kombes Sambodo  saat dihubungi wartawan, Kamis (27/8/2020).

Sambodo tidak mau berbicara banyak prihal usulan dari Anies tersebut. Dia hanya menyebut pihaknya akan melakukan pengkajian terkait usulan itu.

"Kami akan kaji dan survei dulu," ungkap Sambodo.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan agar ruas tol dalam kota dimanfaatkan untuk lintasan sepeda balap. Anies bahkan sudah mengirimkan surat permohonan terkait usulan itu ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo sebelumnya mengatakan animo masyarakat Ibu Kota saat ini terhadap sepeda cukup tinggi. Hal itu terlihat dari data terakhir pesepeda yang melewati jalur Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin Jakarta.

"Oleh sebab itu, kami dari Pak Gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol, tepatnya mulai di Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok satu sisi yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara untuk sepeda road bike," kata Syafrin sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X