Banyak Ketipu! Dikira Monster Loch Ness, Ikan Raksasa Ini Rupanya Cuma Lele

- Selasa, 30 Juni 2020 | 15:16 WIB
Kiri: Potret ikan di danau Loch Ness, Skotlandia. (Science Alert) /  Kanan: Ikan lele besar (Twitter/@angling_times)
Kiri: Potret ikan di danau Loch Ness, Skotlandia. (Science Alert) / Kanan: Ikan lele besar (Twitter/@angling_times)

Sebuah foto seekor ikan di danau Loch Ness, Skotlandia membuat banyak orang heboh. Banyak orang mengira bahwa ikan besar itu adalah monster Loch Ness atau Nessie.

Foto yang diambil oleh Steve Chalice ini langsung viral usai diunggah ke Facebook. Steve mengatakan, foto itu diambilnya pada September 2019 saat mengunjungi Loch Ness.

Ia kaget saat kameranya menangkap potret seekor ikan yang tengah berenang di air. Namun, ia tak yakin bahwa ikan itu adalah Nessie.

Menurut Steve, ikan tersebut memiliki panjang 2,5 meter dan jaraknya dirinya dengan ikan itu hanya 9 meter.

"Saya memotret beberapa foto dan ikan besar ini muncul lalu terbenam lagi, hanya muncul di satu foto," ujar Steve dilansir dari Science Alert.

"Aku tidak percaya monster Loch Ness dan saya pikir jika memang ada sesuatu, pasti ada penjelasan logis tentang kebanyakan penampakan itu," sambungnya.

Banyak pihak kemudian menuding bahwa foto ikan itu adalah hasil editan Photoshop. Namun, Steve membantah dan menegaskan bahwa foto itu diambil olehnya sendiri.

Sekian lamanya foto ini viral, seorang netizen kemudian menemukan bukti ikan itu adalah ikan lele besar. Hal itu terlihat dari pola loreng di bagian punggungnya.

Kini, klaim  Steve yang katanya mengambil foto itu di Loch Ness, menuai tanda tanya. Pasalnya, sejauh ini tidak ada bukti bahwa ikan lele hidup di danau Loch Ness.

"Ide bahwa ada ikan lele raksasa berenang di Loch Ness, salah satu teori untuk menjelaskan monster itu, terbantahkan tahun silam. Survei mendalam di airnya tidak menemukan jejak DNA lele," tulis Science Alert.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X