Survei: Pendukung Jokowi Lebih Pilih Ganjar Ketimbang Puan di Pilpres 2024

- Jumat, 2 April 2021 | 14:33 WIB
Pendukung Jokowi lebih pilih Ganjar Pranowo ketimbang Puan Maharani di Pilpres 2024. (photo/Instagram/@ganjar_pranowo/@puanmaharaniri)
Pendukung Jokowi lebih pilih Ganjar Pranowo ketimbang Puan Maharani di Pilpres 2024. (photo/Instagram/@ganjar_pranowo/@puanmaharaniri)

Hasil survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, para pendukung setia Presiden Jokowi cenderung memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024 mendatang. Ganjar diprediksi jadi kandidat potensial di pilpres 2024 nanti.

Pendukung Jokowi cenderung mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang,” kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas dalam acara rilis survei bertajuk ‘Kondisi Ekonomi-Politik 1 Tahun COVID-19: Penilaian Publik Nasional’yang dipresentasikan secara daring, Kamis (1/4/2021).

Survei yang melibatkan 1064 responden itu dilakukan pada 28 Februari hingga 8 Maret 2021 dengan wawancara tatap muka. Margin of error penelitian ini yakni ± 3.07%. Dalam kategori top of mind atau jawaban spontan, nama Jokowi disebut sebagai capres mencapai 15,2%.

Tapi, karena Jokowi tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai capres, penelitian ini berusaha mempelajari tokoh lain yang potensial dipilih para pendukung Jokowi.

Sehingga keluarlah nama-nama tokoh lain seperti Prabowo, Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, AHY, dan Puan Maharani. Namun, tingkat awareness (kedikenalan) ke tujuh tokoh tersebut tidak sama. 

Jika kedikenalan (awareness) ketujuh tokoh tersebut sama, dalam analisis ditemukan bahwa pemilih Jokowi di top of mind paling banyak pindah ke Ganjar Pranowo (18,4%), diikuti Anies Baswedan (15,2%), Ridwan Kamil (13,1%).

Sedangkan Prabowo Subianto hanya mendapat 9,2% dari pendukung Jokowi. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa Ganjar lebih mendapat tempat di hati pendukung Jokowi.

Tak hanya itu, survei ini juga menunjukkan bahwa pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Ganjar. Sementara pemilih yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Anies Baswedan. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X