Kesan Presiden Jokowi setelah Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (kanan) saat meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
News

Kesan Presiden Jokowi setelah Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru

Cocok dengan keinginan pemerintah

Rabu, 18 Desember 2019 11:21 WIB 18 Desember 2019, 11:21 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi Ibu Kota Negara yang baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (17/12). Dia meninjau tempat yang akan menjadi klaster pemerintahan ibu kota yang baru

Menurutnya, lokasi ini akan sangat mendukung rencana pemerintah membantu sebuah smart city, compact city dan green city

Meski berada di kawasan perbukitan, Jokowi menilai kontur lokasi klaster pemerintahan sangat bagus. Bukan menyulitkan seperti yang diberitakan.

"Kalau arsitek atau urban planner diberi sebuah kawasan naik turun bukit seperti ini pasti akan senang," kata Presiden Jokowi kepada wartawan. 

Jokowi Tinjau Ibu Kota Negara Baru
Presiden Jokowi (kiri) bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). (setkab.go.id)

Pemerintah menyiapkan lahan seluas 56 ribu hektare untuk dijadikan kawasan Ibu Kota Negara yang baru. Pembangunan pertama yang dikerjakan adalah kawasan pemerintahan yang direncanakan seluas 5.600 hektare.

Rencana Pembangunan Ibu Kota Negara

Diharapkan, klaster pemerintahan ini bisa pararel dengan pembangunan klaster lainnya. Seperti klaster kesehatan, pendidikan, riset dan inovasi, serta financial center

Sebelumnya, Jokowi belum bisa memastikan dimana lokasi pembangunan Istana Negara yang baru. Hal itu akan ditentukan oleh arsitek pembangunan yang ditunjuk pemerintah. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara yang baru diharapkan sudah bisa dimulai pada pertengahan 2020. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU