Ini Alasan Pemerintah Rahasiakan Data Pasien Covid-19 Diamond Princess
Kapal Diamond Princess (REUTERS/Athit Perawongmetha)
News

Ini Alasan Pemerintah Rahasiakan Data Pasien Covid-19 Diamond Princess

Dilindungi WHO.

Sabtu, 22 Februari 2020 11:32 WIB 22 Februari 2020, 11:32 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah dan Otoritas Jepang hingga kini tidak pernah mengungkap data empat orang WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang terkena Covid-19. Saat ini, pasien virus corona tersebut tengah dirawat di sebuah rumah sait di Jepang. 

Sesditjen Pengawasan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Achmad Yurianto mengungkapkan, seluruh data korban wabah penyakit, termasuk covid-19 memang tidak boleh diungkap ke publik, dengan alasan apapun. Hal itu telah diatur dalam protokol yang dikeluarkan otoritas kesehatan dunia, WHO. 

"ABK kita di kapal Diamond Princess dari 78 orang, kita dapatkan 4 orang yang confirm sakit. Jangan pernah menanyakan dirawat RS mana, karena etika kita tidak menyebut nama rumah sakit dan namanya siapa, itu etika didalam konteks komunikasi publik," ujar Achmad di Jakarta, Jumat (21/2/2020). 

Kapal Diamond Princess
Kapal Diamond Princess (REUTERS/Athit Perawongmetha)

Meski demikian, sambung Achmad, pemerintah memiliki data lengkap terkait WNI yang terjangkit Covid-19. Data tersebut disebutnya hanya dibuka bagi keluarga korban saja. 

"Kemenlu sudah punya data lengkap, tapi ini tidak bisa ditanyakan. Pemerintah Jepang juga dipastikan sudah melakukan protokol perawatan dengan sangat baik," tuturnya. 

"Sama seperti kita, juga tidak akan umumkan rumah sakit (pasien positif virus corona). Karena jangan sampai memberikan kegelisahan pengguna rumah sakit," imbuhnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU