Cegah Corona, Pengguna KRL Terapkan Social Distancing

- Selasa, 24 Maret 2020 | 11:22 WIB
Pengguna KRL. (Instagram/@nehemiawj)
Pengguna KRL. (Instagram/@nehemiawj)

Pemerintah makin gencar mengimbau dan mengkampanyekan kepada masyarakat untuk menerapkan social distancing atau jarak sosial untuk cegah penularan virus corona (Covid-19). 

Imbauan ini tampaknya sudah dipahami dan diterapkan masyarakat, terutama di wilayah DKI Jakarta yang menggunakan jasa transportasi publik seperti KRL Commuter Line.

Ini terlihat seperti momen yang dibagikan akun Instagram @Jktinfo pada sebuah gerbong KRL pada Selasa (24/3/2020).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on

"Selasa (24/3) suasana Jakarta di pagi hari ini," tulis @Jktinfo.

Dalam foto yang diunggah tersebut, para pengguna KRL sudah berjarak ketika duduk. Selain itu mereka juga telah menggunakan alat penutup mulut atau masker, seperti anjuran pemerintah dalam mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 di ruang publik.

Kondisi ini sangat berbeda pada beberapa hari sebelumnya yang terlihat para pengguna jasa transportasi, baik KRL, MRT, dan Transjakarta yang berdesakan-desakan ketika mengantre. Sangat berisiko terjadi penularan Covid-19 karena tidak menerapkan social distancing sebagaimana mestinya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on

Potret yang dibagi akun @Jktinfo ini ditanggapi beragam oleh para pengguna Instagram. Seperti akun @kiranaatika35, yang menganjurkan ketika melihat bangku kosong penumpang atau penggunaan jasa jangan asal duduk, tapi harus memperhatikan hal penting.

"Intinya kalau liat bangku kosong jangan duduk Iangsung berdiri aja kan kadang orang di kereta tempat duduk yang sudah ada orang dengan jaga jarak kan ada space kosong eh dia main duduk," tulis @kiranaatika35.

Lalu ada akun @aldidirgapratama, yang menilai kondisi di gerbong KRL ini sudah sangat berbeda dibandingkan beberapa hari sebelumnya, para pengguna jasa transportasi berdesakan.

Ia juga mengimbau semua orang harus menjaga diri di tengah wabah Covid-19 di Indonesia, terutama di Jakarta.

"lya kemarin sih parah pas Senin pagi, karena jadwal KRL yang dibatasin jadi malah numpuk penumpangnya.. hari ini udah mulai normal lagi jadwalnya. Stay safe aja," cuitnya.

Hingga kini, kasus Covid-19 di Jakarta dan Indonesia secara umum terus bertambah, baik yang dinyatakan positif, PDP, dan ODP.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X