The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bill Gates Sebut Ada Dua Cara Taklukkan Virus Corona dalam 2 Bulan
Pendiri Microsoft, Bill Gates. (Instagram/@thisisbillgates)
News

Bill Gates Sebut Ada Dua Cara Taklukkan Virus Corona dalam 2 Bulan

Jumat, 20 Maret 2020 10:21 WIB 20 Maret 2020, 10:21 WIB

INDOZONE.ID - Sampai detik ini, virus corona masih menjadi momok menakutkan banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak, virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini telah menginfeksi ratusan ribu jiwa dan menyebabkan ribuan jiwa meninggal dunia.

Melihat pandemi corona yang terus mewabah ini, pendiri Microsoft Bill Gates mengungkapkan ada dua cara menangani virus corona.

cara taklukkan corona ala bill gates
Potret warga di Rusia pakai masker saat di luar rumah untuk mencegah virus corona. (REUTERS/Evgenia Novozhenina)

Dalam sebuah acara Ask Me Everything di media sosial Reddit, Bill Gates diberi pertanyaan kapan kira-kira virus corona akan berakhir.

Pria yang namanya masuk dalam daftar miliarder dunia ini menyebutkan, jumlah kasus pasien corona bisa ditekan dalam beberapa minggu, asalkan pemerintah menerapkan dua hal.

dua cara taklukkan corona ala bill gates
Pendiri Microsoft, Bill Gates. (Instagram/@thisisbillgates)

Pertama kata Bill Gates adalah melakukan tes atau pengujian secara massal. Sedangkan cara kedua yaitu menerapkan kebijakan 'shut down'.

"Jika suatu negara melakukan pekerjaannya dengan baik, dengan pengujian dan 'shutdown' dalam 2-3 bulan mereka akan melihat jumlah kasus yang berkurang banyak dan bisa kembali membuka negaranya," ujar Bill Gates yang dilansir dari Metro.co.uk, Kamis (19/3/2020).

Bill Gates menjelaskan istilah dari 'shut down' untuk menangkal virus corona ialah menerapkan social distancing.

cara taklukkan corona ala bill gates
Potret warga Filipina yang menerapkan social distancing. (REUTERS/Eloisa Lopez)

"Saat ini fase di mana banyak kasus terjadi di negara-negara kaya. Dengan tindakan yang tepat termasuk pengujian dan social distancing (yang saya sebut 'ditutup') dalam 2-3 bulan, negara-negara kaya seharusnya dapat terhindar dari infeksi tingkat tinggi," tulis Bill Gates.

Pria yang kini berusia 64 tahun itu mengungkapkan, virus corona memang membuat sistem perekenomian rusak, tapi ada yang lebih buruk dari kondisi tersebut, yaitu negara berkembang yang tak bisa melakukan social distancing.

"Saya khawatir tentang semua kerusakan ekonomi tetapi yang lebih buruk adalah bagaimana ini akan mempengaruhi negara-negara berkembang yang tidak dapat melakukan social distancing dengan cara yang sama seperti negara-negara kaya dan yang kapasitas rumah sakitnya jauh lebih rendah," lanjut Bill Gates.

Social distancing sendiri adalah salah satu langkah terbaik yang harus diterapkan, guna mencegah penyebaran virus Covid-19 dalam skala yang lebih besar.

Caranya ialah dengan menjaga jarak dengan orang sakit dan tidak menghadiri pertemuan yang dihadiri oleh banyak orang.

Lewat yayasan Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates cukup aktif untuk memberikan sumbangan guna menangani wabah virus corona.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US