Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan di Jepang Berkat Kotoran Kerbau 

- Kamis, 4 Juli 2019 | 10:30 WIB
uns.ac.id
uns.ac.id

Lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih medali emas pada kompetisi internasional "Japan Design, Idea & Invention Expo" di Tokyo Washington Hotel, Tokyo, Jepang, berkat kotoran kerbau.

Kelima mahasiswa tersebut adalah Sofia Oka Rodiana, Rizhal Akbar Jaya Pratama, Nor Isnaeni Dwi Arista, Rahma Amira Zhalzabila, dan Hifqi Himawan.

Pada kompetisi ini, mereka mengikutsertakan kreasi mereka bernama Bongi. Bongi sendiri merupakan kependekan dari Bahasa Jawa, yaitu "Kebo Wangi".

"Yaitu pembunuh nyamuk yang terbuat dari kotoran kerbau. Kami buat dalam bentuk spray," kata Sofia, Kamis (4/7/2019).

Ide melahirkan Bongi berawal dari pengamatan Rizhal, salah satu mahasiswa UNS, soal banyaknya kotoran kerbau yang tak dimanfaatkan dengan baik saat melakukan praktikum di Karanganyar. 

Fakta ini membuat Rizhal mendapat inspirasi untuk menciptakan inovasi baru. Dia bersama rekan-rekannya kemudian menyulap kotoran kerbau menjadi sesuatu yang sangat bernilai. 

"Sejauh ini kotoran kerbau baru dimanfaatkan sebagai pupuk organik atau pupuk kandang," kata Rizhal.

Rizhal berharap inovasi ini dapat menjadi motor penggerak penelitian mahasiswa yang lain. Kelima mahasiswa UNS tersebut melakukan publikasi jurnal internasional setelah keberhasilan di Jepang ini. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X