6 Ribu Pulau Tidak Berpenghuni Bisa Jadi Pilihan Buat Penjara

- Rabu, 26 Juni 2019 | 14:25 WIB
Shalat Idul Fitri di Lapas Klas IIB Jombang, Jawa Timur, Rabu (5/6/2019). (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)
Shalat Idul Fitri di Lapas Klas IIB Jombang, Jawa Timur, Rabu (5/6/2019). (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Indonesia tercatat memiliki 17 ribu pulau. Namun, baru ada 11 ribu pulau yang dihuni. Sehingga masih punya 6 ribu pulau tidak berpenghuni dan bisa jadi pilihan dibuatkan penjara bagi pelaku kriminal. 

Pembangunan penjara di pulau-pulau terpencil, bisa membuat minimnya interaksi penhuni dengan masyarakat luar. Saat ini,  kondisi lembaga pemasyarakat rata-rata berada di tengah kota. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengaku sangat setuju terhadap wacana pemindahan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus ke pulau-pulau terpencil di Indonesia.

Sebelum membangun lapas di pulau terpencil, pihaknya akan melakukan pehitungan untung rugi, hambatan serda dampak dampaknya dari kebiakan tersebut. "Hambatannya, hal-hal negatif kita netralisir, ketimbang dalam kotam," katanya. 

Ia mengakui, jika setiap tahun masalah penjara ini idak pernah selesai. Selain itu, kondisi penjara yang sudah kelebihan kapasitas dan tercampur aduk antara maling ayam, bandar narkoba, koruptor, dan napi terorisme. "Inikan tidak sehat, (bisa) ada tukar menukar keahlian disitu,” katanya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X