Korea Selatan Pede Proyek Jet Tempur Bareng Indonesia Bakal Laris

- Rabu, 13 November 2019 | 14:10 WIB
Mock-up jet tempur KFX/IFX. (KoreaTimes/Lee Han-ho)
Mock-up jet tempur KFX/IFX. (KoreaTimes/Lee Han-ho)

Korea Selatan optimis, proyek jet tempur yang dikembangkan bersama dengan Indonesia, Korean Fighter/Indonesian Fighter (KFX/IFX) yang termasuk dalam generasi jet tempur 4,5, bakal laris manis di Asia Tenggara. 

Dilansir Koreatimes, Rabu (13/11), kendati dari segi teknologi 'siluman' atau stealth, menghindari dari radar lawan kalah dari jet tempur generasi ke-5 seperti F-35A atau F-22 milik Amerika Serikat. Namun, KFX/IFX memiliki keuntungan dari sisi harga (terjangkau).

"Pemerintah Korea Selatan mengontrak Korea Aerospace Industries (KAI) pada Bulan Desember 2015, untuk menyelesaikan pengembangan KFX pada tahun 2028 mendatang," jelas seorang pejabat industri dirgantara Korea Selatan seperti dilansir Koreatimes.

Proyek KFX/IFX merupakan proyek militer terbesar sejak pendirian militer Korea Selatan. Nilainya mencapai US$ 7,56 miliar atau 8,8 triliun won. Biaya ini ditanggung Pemerintah Korea Selatan (60 persen), Pemerintah Indonesia (20 persen) dan perusahaan pertahanan Korea Selatan (20 persen).

-
(Aero)

 

"Jika berhasil dikembangkan, pesawat ini akan menjadi platform yang menargetkan pasar Asia Tenggara. Karena biaya operasi untuk jet tempur ini adalah sekitar setengah dari biaya untuk F-35A buatan Amerika Serikat," sebut pengamat industri pertahanan Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan sendiri belum lama ini meluncurkan mock-up penuh KFX/IFX, dalam Pameran Dirgantara dan Pertahanan Internasional (ADEX) pada 15-20 Oktober 2019 lalu.

Menggendong mesin ganda, jet tempur KFX/IFX memiliki lebar 11,2 meter, panjang 16,9 meter dan tinggi 4,6 meter. Setiap mesinnya mampu menghasilkan daya dorong maksimum 22.000 pound, dengah jarak jelajah hingga 2.900 kilometer dengan kecepatan Mach 1,8. 

Dengan daya muat maksimum 7.700 kilogram, jet tempur ini mampu menggendong banyak rudal dan bom. Mulai dari rudal udara ke udara, rudal udara ke permukaan hingga bom pintar dengan panduan GPS.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X