Wakil Ketua DPRD DKI Sebut Anies Tak Pernah Janji Soal Penggusuran

- Selasa, 19 November 2019 | 11:09 WIB
Antara/Rivan Awal Lingga
Antara/Rivan Awal Lingga

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik menegaskan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak pernah berjanji untuk tidak melakukan penggusuran.

"Setahu saya nggak ada janji, kalau tidak ada penggusuran," ujar Taufik, melansir Antara.

Taufik juga mengharapkan agar semua pihak melihat dengan jelas lokasi atau status tanah tersebut, apakah milik individu atau pun milik pemerintah. Ia juga menilai apa yang dilakukan pemerintah sudah sangat tepat untuk penataan lingkungan di wilayah Sunter, Jakarta Utara.

Penataan itu dilakukan sebagai upaya penanggulangan banjir dan penataan lingkungan.

Penertiban bangunan dan tempat usaha warga di Jalan Sunter Agung Perkasa VIII, Kecamatan Tanjung Priok, Kamis (14/11) disebut sudah sesuai aturan. Pemkot Jakarta Utara juga mengklaim bahwa pihaknya telah memberikan surat peringatan sebanyak 3 kali dan telah menerima perwakilan warga di kantor hingga bertemu koordinator warga.

Syamsul mengatakan, dalam setiap pertemuan, warga meminta agar direlokasi ke tempat lain agar mereka dapat berusaha kembali.

Jika permintaan itu di lahan fasilitas umum dan fasilitas sosial, pemerintah juga tidak bisa memberikan bantuan relokasi.

"Kami menawarkan solusi agar mereka bisa direlokasi ke rumah susun, tetapi warga juga tidak mau," ujar Syamsul.

Upaya dilakukan pemerintah bukan penggusuran tetapi penataan dan penertiban bangunan yang tidak sesuai dengan fungsinya. Penataan itu sendiri dilakukan untuk mendukung program pemerintah menormalisasi saluran air sepanjang 400 meter dengan lebar sekitar enam meter. Diketahui, wilayah tersebut sering tergenang saat musim hujan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X