Jemaah Haji Asal Ponorogo Meninggal Dunia di Mekkah, Sempat Masuk Rumah Sakit

- Kamis, 22 Juni 2023 | 09:38 WIB
Nenek Sinto, jemaah haji asal Ponorogo meninggal dunia. (Dok. Istimewa)
Nenek Sinto, jemaah haji asal Ponorogo meninggal dunia. (Dok. Istimewa)

Kabar duka datang dari jemaah haji Indonesia asal Ponorogo meninggal dunia di Mekkah. Jemaah haji tersebut bernama Sinto.

Nenek berusia 93 tahun merupakan warga Kelurahan Brotonegaran, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo menghembuskan nafas terakhir di RS King Faisal Mekkah.

Z Creators, Ahmad Fauzy mencoba mendatangi rumah duka. Di rumah tersebut tertuliskan Almarhumah Hj Sinto binti Idris. Beberapa pelayat hilir mudik pada Rabu, 21 Juni 2023 siang.

“Kami keluarga sudah ikhlas menerimanya (meninggalnya Mbah Sinto),” ujar Sumini, anak kedua almarhum.. 

Dia lalu berkisah jika Nenek Sinto sempat dirawat di RS King Faisal Mekkah. Pertama dirawat setelah melaksanakan umroh wajib. Nenek Sinto menurut petugas mengalami sakit.

Saat masuk rumah sakit pertama, Nenek Sinto dirawat selama 8 hari. Dia berkisah, dua hari pasca umroh wajib ibu nya tersebut suhu badannya naik. Kemudian oleh petugas dari Kementerian Agama dibawa ke rumah sakit. Setelah sembuh kembali ke hotel.

Namun, Nenek Sinto kondisinya kembali menurun. Dia mengalami batuk dan sesak. Oleh petugas dari Kemenag dibawa ke RS dan meninggal dunia 30 menit kemudian.

Menurutnya, sebelum berangkat ke Tanah Suci, Nenek Sinto sudah dilakukan skrining kesehatan. Saat di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Harjono hanya satu kali pemeriksaan. Selebihnya dinyatakan bisa berangkat.

Dia mengaku bahwa Nenek Sinto sangat bahagia ketika dinyatakan bisa berangkat haji tahun 2023 ini. Kebahagian itu, karena pada tahun 2020 keberangkatannya tertunda lantaran Covid-19 yang melanda dunia.

-
Nenek Sinto, jemaah haji asal Ponorogo meninggal dunia. (Dok. Istimewa)

Masih kata Sumini, Nenek Sinto mendaftar Rukun Islam kelima itu tahun 2012. Sempat tertunda sekali, bisa berangkat tahun 2023 ini,

“Pas dapat giliran haji, senang. Mau berangkat itu gembira. Belasan tahun baru bisa berangkat,” urainya.

Sumini mengaku Nenek Sinto tidak pernah berpesan apapun. Akan tetapi saat Covid-19 2020 lalu, Nenek Sinto sudah melunasi. Akan tetapi tertunda, Nenek Sinto tidak menarik pelunasan.

Untuk sekedar diketahui, Nenek Sinto meninggalkan 4 anak, 9 cucu dan 1 cicit. Nenek Sinto dimakamkan di Mekkah.

Artikel menarik lainnya: 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X