Di KTT G20, Presiden Jokowi Tegaskan Paradigma Kolaborasi Penting untuk Selamatkan Dunia

- Selasa, 15 November 2022 | 16:00 WIB
Presiden Jokowi di KTT G20 (Reuters/Bay Ismoyo)
Presiden Jokowi di KTT G20 (Reuters/Bay Ismoyo)

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sedang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada hari ini, Selasa (15/11/2022). Di Hotel The Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Bali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya kolaborasi.

Menurut Presiden Jokowi, paradigma kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia. Presiden Jokowi menegaskan, bahwa semua pihak bertanggung jawab untuk semua orang di dunia.

“Kita tidak punya pilihan lain. Paradigma kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia,” ujar Presiden Jokowi, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) Republik Indonesia, Selasa (15/11/2022).

-
Presiden Jokowi bertemu dengan media (Reuters/Willy Setiawan)

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah KTT G20, Sekjen PBB Apresiasi Keketuaan Indonesia

“Kita semua memiliki tanggung jawab, tidak hanya untuk masyarakat kita, tetapi juga untuk semua orang di dunia,” tuturnya.

Dunia memang tengah mengalami masa sulit belakangan ini. Pandemi Covid-19, yang melanda dunia sejak 2020 silam, adalah salah satu alasan dunia berada dalam kondisi seperti sekarang.

Selain pandemi Covid-19, berbagai permasalahan lain juga menerpa dunia. Sebut saja, perang antara Rusia dengan Ukraina yang berlangsung pada awal tahun ini hingga sekarang. Untuk menyelesaikan semua permasalahan tersebut, setiap pihak harus bekerja sama demi kemaslahatan banyak orang seperti yang diucapkan Presiden Jokowi di KTT G20.

Baca Juga: Pimpinan MPR Harap KTT G20 Bisa Atasi Krisis Energi hingga Lingkungan Hidup

Sementara itu, rangkaian kegiatan KTT G20 akan berlangsung hingga besok, Rabu 16 November 2022. Perlu diketahui, KTT G20 merupakan forum multilateral berisi 19 negara dan Uni Eropa yang mewakili 20 besar ekonomi dunia. Forum ini terbentuk sejak 1999 silam.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X