Ini Tanggapan Pj Gubernur DKI soal Dugaan Pungli Pelayanan Uji KIR di Ujung Menteng

- Rabu, 4 Januari 2023 | 09:53 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Indozone/Febyora Dwi Rahmayani)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Indozone/Febyora Dwi Rahmayani)

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, angkat bicara terkait dugaan adanya pungutan liar (pungli) melalui calo pada pelayanan uji KIR di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Hal itu ia ketahui saat melalukan inspeksi mendadak ke UP PKB Ujung Menteng, Senin (26/12/2022). Meski ia mengetahui adanya pungli, ia menyatakan perizinan uji KIR sudah bagus. Karena sudah bisa mendaftar secara online. 

"Yang saya liat kan tempat uji KIR, ngapain saya liat sebelah sana? Jadi gini ya, semua yang berkaitan dengan uji KIR itu kan sudah bagus perizinannya. Pertama, kalau mau uji KIR daftar dulu di online," ujar Heru di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (3/1/2023).

Baca Juga: Siang Ini Majelis Hakim Bakal Datangi Rumah Ferdy Sambo, Ada Apa Ya?

Menurutnya, dalam sistem pendaftaran online uji KIR masyarakat dapat memilih hari dan jam dalam melakukan uji KIR. Oleh karena itu ia merasa bingung, masih adanya pungli melalui calo dalam uji KIR.

"Minta hari apa? misalnya hari Kamis. ya sudah hari Kamis (datang). Jam berapa? nanti dia (akan) datang. Begitu dia datang kan semuanya sistem," tutur Heru.

Baca Juga: Viral! Tukang Batu Terima Uang Ganti Rugi Proyek Tol Rp3,2 Miliar, Mendadak Kaya Raya

"Terus bayarnya juga online. Nah, permasalahannya di mana?" sambungnya.

Heru menyatakan, telah berencana datang lagi ke UP PKB Ujung Menteng untuk mengecek kembali pendaftaran online uji KIR sudah tersistem.

"Ya sudah besok saya ke sana lagi, saya lihat. Tapi ketika orang itu mau melakukan uji KIR kan semuanya via sistem (online). Tapi informasi itu saya cek lagi," pungkas Heru Budi Hartono.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X