The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 Terungkap! Di Sini Tempat Keluarga Besar Jokowi Pesan Busana Pernikahan Kaesang
Tempat keluarga Jokowi pesan baju untuk pernikahan Kaesang. (Z Creators/Eko Haryanto)
News

Terungkap! Di Sini Tempat Keluarga Besar Jokowi Pesan Busana Pernikahan Kaesang

Senin, 28 November 2022 16:55 WIB 28 November 2022, 16:55 WIB

INDOZONE.ID - Keluarga besar Presiden Jokowi tengah sibuk mempersiapkan pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, yang rencananya akan dilangsungkan pada 11 Desember 2022 nanti.

Melalui panitia yang telah dibentuk keluarga besar, Presiden Jokowi mempercayakan pilihan busana Jawa yang akan dipakai di acara pernikahan tersebut pada Busana Jawi Suratman, yaitu penyedia pakaian adat Jawa yang berlokasi di Jalan Teuku Umar No.14, Solo, Jawa Tengah.

busana jawi suratman
Busana Jawi Suratman, tempat keluarga Jokowi pesan baju pernikahan Kaesang. (Z Creators/Eko Haryanto)

Toko dan produsen pakaian adat Jawa yang sudah menjadi langganan keluarga Presiden Jokowi ini sudah berdiri sejak 1921. Saat ini, toko dikelola oleh Sugiyatno (71) yang merupakan generasi ke-4 dari pendiri toko.

busana jawi suratman
Sugiyatno, pemilik Busana Jawi Suratman. (Z Creators/Eko Haryanto)

Sugiyatno mengatakan bahwa pemesanan busana Jawa untuk acara pernikahan Kaesang sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu.

"Jadi, bulan September awal itu ada utusan panitia yang pesan busana Jawa ke sini. Targetnya Desember awal harus sudah selesai semua, totalnya ada 83 setel busana Jawa," kata Sugiyatno.

Busana Jawa yang dipesan adalah beskap komplit, blangkon, dan juga jarik.

"Beskap itu yang dipesan ada tiga macam, beskap atela, beskap krowok, dan beskap landung. Kalau blangkonnya ada dua motif yang dipesan, yaitu motif ceplok dan sidodadi. Sisanya jarik untuk busana wanita. Itu semua pesanannya Mas," lanjut Sugiyatno.

busana jawi suratman
Busana Jawi Suratman langganan keluarga Jokowi. (Z Creators/Eko Haryanto)

Selain menjelaskan jenis pesanan, Sugiyatno juga menyampaikan penggunaan beskap-beskap itu untuk acara apa saja.

"Beskap landung ini dipakai keluarga besar Pak Jokowi pas acara siraman dan midodareni, lalu beskap krowok ini akan dipakai waktu acara resepsi. Nah, kalau yang beskap atela ini untuk yang acara di Jogja," jelasnya sambil meminta pegawainya untuk menunjukkan satu per satu beskap yang dipesan.

Busana Jawi Suratman sudah menjadi langganan keluarga besar Presiden Jokowi sejak lama. Selain untuk pernikahan Kaesang dan Erina, pada pernikahan Gibran dan Selvi serta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby, busana jawa yang dikenakan keluarga besar Presiden Jokowi juga dipesan dari sini.

busana
Busana Jawi Suratman. (Z Creators/Eko Haryanto)

Menurut sugiyatno, usaha yang Ia kelola ini selalu menjadi langganan Presiden Jokowi karena kualitas jahitan yang sangat bagus dan selalu tepat waktu menyelesaikan pesanan. Selain Presiden Jokowi, banyak pejabat tinggi dan berbagai instansi pemerintah yang juga berlangganan membuat pakaian di Busana Jawi Suratman ini.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Eko Haryanto
Eko Haryanto
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US