Hore! Erick Thohir Dorong Reaktivasi Jalur KA di Sumatera Barat

- Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
Erick Thohir (Istimewa)
Erick Thohir (Istimewa)

Kabar baik dateng dari armada transportasi kereta api untuk kawasan Sumatera Barat. Empat perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk menjajaki pengoperasian kembali kereta api (KA) lintas Sawahlunto-Muoro Kalaban, Sumatera Barat. Hal itu dungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Erick, empat BUMN yang berkolaborasi adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, pengerjaan pengoperasian kembali jalur ini akan memakan waktu 6 bulan. Dia memperkirakan apabila pekerjaan ini sudah dimulai pada awal Juli 2022, pengoperasian jalur bisa diwujudkan  pada Desember 2022. 

Saat ini, perseroan sedang pekerjaan Mak Itam atau lokomotif uap yang legendaris dari Sawahlunto. Saat ini, sudah ada progres pemulihan Mak Itam hingga 15 persen. Dengan demikian, dia berharap pemulihan Mak Itam ini bisa lebih cepat.

“Insya Allah paling lambat Januari 2023 kita bisa melakukan sesuatu di sini dalam rangka untuk pengoperasian KA lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban,” ujarnya, Kamis 23 Juni 2022. 

-
Erick Thohir Dorong Reaktivasi Jalur KA di Sumatra Barat (Istimewa)

BACA JUGA: Bahas Para Games 2022 dengan Gibran, Erick Thohir Kenang Momen Dirinya Jadi Ketua INASGOC

Masing-masing BUMN diperkirakan menggelontorkan dana sekitar Rp 6 miliar untuk mengeksekusi rencana tersebut. Namun, terkait dengan potensi jumlah penumpang, Didiek menyebut belum memprediksikan untuk komersialisasinya.

Menurut rencana, keempat BUMN akan mewujudkan pengoperasian kembali jalur kereta api lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatera Barat yang sudah tidak beroperasi. Jalur sepanjang 4 km tersebut nantinya akan melayani Kereta Wisata yang akan ditarik oleh Lokomotif Uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam. 

Pengoperasian kembali jalur dan kereta api wisata tersebut, kata Didiek, merupakan inisiatif dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk pemulihan perekonomian Sumatera Barat di sektor pariwisata. 

Selain itu, pengoperasian jalur ini juga merupakan program dari Pemerintah Kota Sawahlunto guna mendukung Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO sejak 6 Juli 2019.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X