BPBD DKI Keluarkan Peringatan Waspada Banjir ROB di Wilayah Pesisir Jakarta

- Senin, 27 Juni 2022 | 11:52 WIB
Petugas mendayung perahu karet melintasi banjir rob di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Petugas mendayung perahu karet melintasi banjir rob di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan waspada potensi banjir di wilayah pesisir atau ROB Jakarta hingga 3 Juli 2022.

“Saat ini bumi mengalami aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan baru mempengaruhi dinamika pesisir menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum,” tulis unggahan akun BPBD DKI yang dikutip Senin (27/6/2022).

Wilayah pesisir yang berpotensi terjadinya banjir ROB antara lain di kawasan Jakarta Utara seperti Pademangan, Penjaringan,Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu. Warga yang tinggal di situ pun diimbau untuk waspada.

“Waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir,” ungkapnya.

Selain itu, warga yang tinggal di daerah pesisir pun untuk terus siaga dan mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut, serta memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112,” tandas BPBD DKI Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X