Punya Pengalaman Baik, Erick Thohir Dianggap Mampu Sukseskan Harlah Satu Abad NU

- Selasa, 21 Juni 2022 | 20:13 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Instagram/@erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir (Instagram/@erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ditunjuk sebagai Ketua Stering Comitee (SC) Peringatan 100 tahun atau satu abad Nahdlatul Ulama (NU).

Adapun penunjukkan Erick Thohir berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nomor 66/A.11.04/06/2022 tentang Pengangkatan dan Pengesahan Panitia Peringatan 100 tahun atau satu abad NU.

Mengenai hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review dan pengajar Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin memandang ditunjuknya Erick Thohir sebagai ketua pengarah satu abad NU, karena dipercaya mampu mensukseskan acara yang sangat spesial tersebut.

Pasalnya Erick memiliki track record Erick saat diberikan amanah membidangi sejumlah tugas penting terbilang sukses. Misalnya, ketika dipercaya menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) pada tahun 2018 dipandang sukses dalam mengorganisir even olahraga terbesar se-Asia itu mendapat pujian dari banyak pihak.

“Kelihatan ketika itu ketika Erick Thohir sukses menjadi panitia Asian Games mungkin itu catatan yang digunakan oleh NU sehingga Erick Thohir dijadikan ketua panitia,” ujar Ujang kepada wartawan, Selasa (21/6/2022).

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko mengatakan alasan kenapa Erick Thohir dipercaya menahkodai peringatan satu abad NU. Pasalnya Erick Thohir dinilai memiliki kedekatan dengan NU.

Menurutnya, kedekatan itu bukan hanya karena Menteri BUMN itu menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), tetapi karena sejumlah program yang dekat dengan pondok pesantren dan santri.

Baca Juga: Bersama Ribuan Muslimat NU, Erick Thohir: Jangan Malu-malu untuk Bangkit

"Erick Thohir dan NU sekarang sangat dekat sekali. Misalkan Erick dalam kegiatan Harlah," urai Anang

Bahkan sejumlah program di Kementerian BUMN juga banyak ditujukan bagi pondok pesantren dan santri. Mengingat Erick Thohir sendiri merupakan Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Belum lagi sumbangan diberikan ke pondok pesantren. 

"Itu menunjukkan upaya mendekat atau sudah dekatnya Erick Thohir. Yang pasti ada beberapa poin Erick Thohir secara agresif mencoba untuk merangkul NU, menjadikan NU sebagai lembaga kesayangan," ujarnya. 

Sebelumya, Erick Thohir menyatakan siap melaksanakan amanah yang diberikan oleh PBNU dengan baik. 

Erick menambahkan, dalam momentum peringatan Harlah NU ini ada upaya NU untuk membangkitkan ekonomi, pendidikan, tenokrasi dan lain-lain. Karena itu, peringatan Harlah Satu Abad NU juga mengusung tagline "Kebangkitan Baru".  

"Bagaimana menuju satu abad NU ke depan ini ada kebangkitan untuk NU menjadi juga yang namanya ekonomi dan juga pendidikan, teknokrasi, dan lain-lainnya," jelasnya.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X