Pimpin Peringatan satu Abad NU, Erick Thohir Rancang Konsep Kemandirian Umat

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:06 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah). (ANTARA/Syaiful Arif)
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah). (ANTARA/Syaiful Arif)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didapuk sebagai Ketua Panitia rangkaian acara peringatan satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). Erick yang juga kader MU merancang konsep akan mendorong pemberdayaan ekonomi umat.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur menjelaskan, satu dari sembilan agenda dalam peringatan satu abad NU salah satunya adalah menyasar kemandirian umat secara ekonomi. Hal ini dinilainya menjadi tantangan yang akan dijawab PBNU memasuki abad kedua organisasi. 

"NU kan sudah berusia satu abad. Kita akan menunjukkan prestasi satu abad itu dan bagaimana membangun abad kedua. Memasuki abad kedua tentu juga ada harapan terkait kebangkitan ekonomi kaum santri karenanya salah satu agendanya adalah Gerakan Kemandirian NU. Kemandirian pada ekonomi, pendidikan, dan kesehatan" kata Gus Fahrur saat dihubungi Jumat (17/6/2022). 

Sosok Erick Thohir yang dikenal sebagai kader NU yang berkiprah di dunia ekonomi dinilai pas dengan pesan yang ingin diusung pada peringatan satu abad NU itu. Menurut Gus Fahrur, agenda lain dalam peringatan satu abad NU akan terkait dengan refleksi pencapaian NU dalam satu abad pertama dan proyeksi menyongsong abad kedua NU.

Ada pun agenda penting dalam peringatan itu adalah akan diselenggarakannya dialog antar pemimpin Islam sedunia maupun dengan pimpinan agama lain. Bahkan, kata Gus Fahrur, rencananya acara dialog antarpimpinan umat beragama akan mengundang pimpinan Katolik, Paus Franciscus.

"Akan ada kegiatan di beberapa titik yang menerjemahkan spirit itu (refleksi dan proyeksi). Akan diisi rangkaian acara yang bersifat nasional dan internasional. Di antaranya pertemuan ulama sedunia maupun antarpimpinan agama yang kemungkinan dihadiri Paus," ujar Gus Fahrur. 

BACA JUGA: Di Era Digital, Indonesia Butuh Pemimpin Seperti Erick Thohir

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Panitia Peringatan Satu Abad NU Erick Thohir menjelaskan bahwa tema yang diangkat adalah "Merawat Jagat, Membangun Peradaban".

Tema itu, kata Erick, diambil sebagai langkah besar NU dalam menghadapi sejumlah tantangan antara lain menjaga tradisi keagamaan yang mengayomi semua.

"Akan ada sembilan program utama dalam rangkaian peringatan satu abad NU yang dimulai Juni nanti dan puncaknya, resepsi satu abad NU di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Februari 2023," ujar Erick.

Erick memaparkan kesembilan program dalam harlah NU meliputi NU Tech, Pembentukan NU Women, Festival Tradisi Islam Nusantara, Anugerah Tokoh Nahdlah, Pekan Olahraga NU, Religion of Twenty (R-20), Launching Gerakan Kemandirian NU, Muktamar Fiqih Peradaban, dan Resepsi Satu Abad NU.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X