Dinkes dan Dishub Kota Bekasi, Lakukan Tes Urine dan Kesehatan Kepada Ratusan Awak Bus

- Selasa, 18 April 2023 | 14:34 WIB
Tes urine di terminal Bekasi. (Z Creators/Ridwan).
Tes urine di terminal Bekasi. (Z Creators/Ridwan).

Demi menjaga keamanan dan keselamatan pada penumpang bus  pada arus mudik 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Bekasi, melakukan tes urine dan kesehatan kepada ratusan awak bus di Terminal Induk Kota Bekasi.

Subkor Kesehatan Dinkes Kota Bekasi, Dudung Abdul Wahid, mengatakan tes urine dilakukan agar bisa mendeteksi awak bus yang menggunakan narkotika atau obat obatan terlarang serta alkohol saat mengemudi.

"Pengecekan kesehatan pengemudi, kegiatan pemeriksaan ini dilaksanakan setiap tahun saat liburan dan saat eskalasi transportasi meningkat di Terminal Bekasi, jumlah pengemudi yang diperiksa ditargetkan ada 170 sampai 200," katanya, Selasa (18/42023).

-
Tes urine di terminal Bekasi. (Z Creators/Ridwan).

Baca Juga: Waduh! Para Biksu Ditangkap karena Narkoba, Sebuah Kuil di Thailand Kosong Melompong!

Setelah pengecekan urine, lanjut Dudung, awak bus juga diperiksa kesehatan seperti tes gula darah, dan tekanan darah untuk melihat kondisi supir saat membawa pemudik pulang kampung ke halaman masing-masing.

"Tes ini untuk melihat kondisi sopir fit apa engga, kita melibatkan Dishub dan Puskesmas untuk membantu pengecekan para awak bus disini," jelasnya.

Sementara, salah seorang awak Bus Nemin (46) usai mendapatkan pemeriksaan menjelaskan hal ini sangat didukung agar mencegah kecelakaan. Pasalnya supir dan kondektur harus dinyatakan sehat untuk membawa ratusan bahkan ribuan pemudik dari Terminal Bekasi ke tempat tujuan.

-
Tes urine di terminal Bekasi. (Z Creators/Ridwan).

 

Baca juga: Perkantoran Mau Tes Urine Karyawan, Silakan Request ke Polda Metro

"Mendukung sekali, prosesnya pemeriksaan tes air kencing sama sample darah, bagus ini artinya jadi mencegah pada saat perjalanan kalo misalkan ada penyakit bawaan yang tidak diketahui para supir," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk, bikin cerita dan konten serumu, serta dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini

-
Z Creators

 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X